Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle dan Probing Prompting berbantuan Puzzle terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Laila Rahmatul Fauziah, Ali Shodiqin, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefektivitas antara model pembelajaran Learning Cycledan model pembelajaran Probing Promptingberbantuan puzzleterhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain Posttest-Only Control Designdi kelas X SMA Negeri 2 Mranggen. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-IPS 4 sebagai kelas eksperimen I, X-IPS 3 sebagai kelas eksperimen II, X-IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data yang digunakan untuk evaluasi berupa soal uraian. Analisis data menggunakan uji anava satu arah, uji t satu pihak, uji t dua pihak dan uji ketuntasan. Kesimpulan penelitian ini yaitu;1) Terdapat perbedaan antaramodel pembelajaranLearning Cycle, Probing Prompting dan Konvensional; 2) Model pembelajaranLearning Cycle lebih efektifdari model pembelajaran Konvensional;3) ModelpembelajaranProbing Prompting lebih efektif darimodel pembelajaranKonvensional;4) Tidak terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaranLearning Cycle danProbing Promptingterhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sehingga dapat dikatakan bahwamodel pembelajaran Learning Cycle dan Probing Prompting berbantuan puzzle lebih efektif dari model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa

Keywords


Learning Cycle; Probing Prompting; Kemampuan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Mahmudi, Ali. 2009. Mengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya. FMIPA UNY Yogyakarta,.31 Januari 2009. ISBN : 978‐979‐16353‐2‐5.

Mahmudi, Ali. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV. UNIMA Manado, 30 Juni-3 Juli 2010.

Mutmainnah, Sitti, M. Ali, dan Nurasyah D. N. 2013. Penerapan Teknik Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri I Banawa Tengah. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 2 No. 1. ISSN 2338 3240.

Kurniasari, Yayuk dan Susanah. 2012. Penerapan Teknik Pembelajaran Probing Prompting untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas 7G di SMPN 1 Rejoso. Jurusan Matematika, FMIPA, UNESA.

Kurniawan, Heru. 2012. Upaya Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas V SD N Sidomulyo tahun 2011/2012. Universitas

Muhammadiyah Purworejo.

Munandar, (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, Tomi T., Irwan, dan Dodi V. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3 : Hal. 22-26.

Rahmatina, Siti, Utari S, dan R. Johar. 2014. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, ISSN: 2355-4185. Vol. 1, No. 1, April 2014.

Sani, Ridwan A. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siswono, T. Y. Eko. 2005. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Tersedia pada:

https://tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/tatag_jurnal_unej.pdf

Siswono, T.Y. Eko. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pengajuan Masalah Jurusan Matematika FMIPA Unesa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, FMIPA UNY. Tahun X, No. 1, Juni 2005. ISSN 1410-1866, hal 1-9. Tersedia pada:

https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper05_problemposing.pdf

Sucahyo, Danang dan Supriyono. 2013. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ulya, Himmatul, Masrukan, Kartono. 2012. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dengan Penilaian Produk. Jurusan Matematika, FMIPA, Unnes Journal of Mathematics Education 1(1) (2012). ISSN NO 2252-6927. Tersedia pada:

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Widhy H, Purwanti. 2012. Learning Cycle sebagai Upaya Menciptakan Pembelajaran Sains yang Bermakna. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 2 Juni 2012. Tersedia pada:

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Purwanti%20Widhy%20Hastuti,%20S.Pd.,%20M.Pd./Learning%20Cycle...pdf




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.