Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning dan Think Pair Share Berbantu Smart Sticker terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Devenia Herin Setyaningrum, Djoko Purnomo, Dina Prasetyowati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning danThink Pair Share berbantu Smart Sticker terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bilangan bulat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Jepara tahun pelajaran 2019/2020.Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sebagai sampel diambil tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Discovery Learningberbantu Smart Sticker, kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Think Pair Shareberbantu Smart Stickerdan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada (1) kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 1 dan 2 tuntas KKM; (2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis dari tiga kelompok; (3) kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan kelas kontrol; (4) kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 2 lebih baik dibandingkan kelas kontrol; (5) kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 1 sama baiknya dibandingkan dengan kelas eksperimen 2; (6) terdapat korelasi antara aktivitas siswa terhadap kemampuan berpikir kritis pada model pembelajaran Discovery Learning dan Think Pair Shareberbantu Smart Stickerdengan r pada kelas eksperimen 1 yaitu  dan kelas eksperimen 2 yaitu 

Keywords


Efektivitas; Model Pembelajaran Discovery Learning; Think Pair Share; Smart Sticker; dan Kemampuan Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


Afrida, dkk. (2015). Keefektifan Guided Discovery Berbantuan Smart Sticker Terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, Volume 4 No. 2.

Aghnia, E. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Aktivitas dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Skripsi). Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Depdiknas. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas

Fatmawati, dkk. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Volume 2 No. 9.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Juano, A & Pardjono. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasi. Volume 4 No. 1, 47-48.

Julita. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Melalui Pembelajaran Pencapaian Konsep. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Volume 2, 82-87, Tahun 2014.

Jumaisyaroh, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis danKemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano. Volume 5 No. 2.

Latif. (2018). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau Dari Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Kelas X pada Materi Momentum dan Implus (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Prasetyowati, D. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dan Konstruktivisme dengan Pendekatan SAVI (somatic auditory visual intellectual) Berbantu CD Interaktif Materi Segi Empat Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 3 No.2, 17-27.

Prasetyowati, D. (2015). Efektivitas Mobile Learning pada Mata Kuliah Geometri dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1/Maret).

Surayya, L.,Subagia, I.W, Tika, I N. (2014).Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, Volume 4 No. 1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanujaya, Benidiktus. (2014). Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pskiometri, Universitas Negeri Papua, Manokwari Papua Barat.

Thobroni, Muhammad. (2016). Belajar dan Pembelajaran, Teori, dan Praktik. Yogyakarta: Arruz Media.

Trianto. (2014). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.