Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Lectora Ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Diah Mutiara Aprilianawati, Nizaruddin Nizaruddin, Muhammad Prayito

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan  untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Course Review Horayberbantuan Lectora. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Mranggen Demak tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sebagai sampel diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Course Review Horayberbantuan Lectoradan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dua jalan, dan uji ketuntasan belajar individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CRHberbantuan Lectoralebih baik dari model pembelajaran konvensional , (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematikaantara siswa yang memiki gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik , (3) tidak terdapat hubungan antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika, (4) siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH berbantuan Lectora memenuhi KKM. Kesimpulan yang diperoleh adalah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CRH berbantuan Lectora efektif dan lebih baik daripada pembelajaran Konvensional pada materi operasi bentuk aljabar.

Keywords


Efektivitas; CRH; Lectora; Gaya Belajar; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, zainal & Tri Mulyono Adi Saputro. 2011. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Siswa pada Materi Geometri dan Pengukuran Melalui Kegiatan “Remase” di SMP N 33 Semarang. Jurnal Kreano, ISSN: 2086 – 2334. Vol. 2 Nomor 2, Desember 211.

Ghufron, Nur. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdu, Ghullah & Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No. 1 : 81 – 86.

Huda, Miftakul. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu – Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Prestasi Pelajar.

Iriana, Dewi & Leni Mutia. (2013). Identifikasi Gaya Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP N 2 Kerinci

P, Yosia Paksi Dea. 2016. Studi Komparasi Model Pembelajaran Make A Match Dan Talking Stick Pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 5 No. 1 : 1 – 8.

Rusmawati, Putu Enny, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Semarapura Tahun Pelajaran 2012/ 2013. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.3.

Shalikhah, Norma Dewi, dkk. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, Vol 20 No. 1 : 9-16.

Sinurat, Mualdin, dkk. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Program Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. Vol. 12 No. 2 : 154 – 170.

Walmsley, A.L.E. & Muniz, J. 2003. Cooperative Learning and It’s Effects in a High School Geometry Classoom. Mathematics Teacher. Vol. 96, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.