Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas XI SMK Palebon Semarang

Rama Wahyu Parandika, Muhtarom Muhtarom, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada proses pembelajaran matematika kelas XI SMK Palebon Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diambil adalah 3 siswa kelas XI PM SMK Palebon Semarang  tahun ajaran 2019 yang mempunyai karakter disiplin dan tanggung jawab tinggi, sedang, dan rendah, dalam proses pembelajaran Matematika. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu  membandingkan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa subjek dengan karakter disiplin dan tanggung jawab tinggi  mampu melaksanakan disiplin tepat waktu, disiplin tertib aturan berseragam, disiplin kerapian, disiplin sikap, disiplin tertib aturan kelas, memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain, menerima resiko dari tindakan yang dilakukan, menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah, melakukan tugas dengan baik. Subjek dengan karakter disiplin dan tanggung jawab sedang  hanya kurang mampu memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dan menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah. Sedangkan subjek dengan karakter disiplin dan tanggung jawab rendah  hanya kurang mampudalam memenuhi aspek disiplin tepat waktu, disiplin kerapian, memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain, menerima resiko dari tindakan yang dilakukan, menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dan melaksankan tugas dengan baik.

Keywords


karakter disiplin dan tanggung jawab; pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdul Hamid dkk, (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Tanjung Raja, 5 (1), Mei Tahun 2018.

Aset Sugiyono, (2019). Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab di SMK Ethika Palembang, 1 (1), Januari Tahun 2019. Palembang

Aliyah Amira, (2019) Hubungan Antara Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas Ix Di Smp Islam Az-Zahrah 2 Palembang, Jurnal P A I Raden Fatah , 1 (2) April 2019 hal 130. Palembang.

Dumiyati. (2011). Manajemen Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Prospektus, Tahun IX Nomor 2, 2011.Hlm 98

Hamid,dkk. (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 2 Tanjung Raja2. Jurnal profit volume 5, nomor 1, Mei 2018. Hlm 7.

Harnianto, Sri dan Muslim, Aji Heru. 2015. Seminar Nasional: Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto. ISBN: 987-602-14930-3-8

Judiani, Sri. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar MelaluiPenguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,Vol.16 Edisi Khusus III, Oktober 2010. Hlm 280-289.

Juhartutik, 2012. Menjadi Guru Matematika Kreatif dan Berwawasan PendidikanKarakter. Semarang: Pendidikan Matematika Unnes.

Komalasari K,Saripudin D. 2017. Pendidikan Kartakter: Konsep dan Evaluasi Living Values Education. Bandung: Refika Aditama

Lickona, Thomas, 1991. Educating for Character: How Our School Can TeachRespect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lisa Febrianti, (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Nganjuk. Volume 6 Nomor 2 Tahun 2018 hlm.70

Mendiknas. 2010. Penerapan Pendidikan Karakter Dimulai Dari SD. Diakses dari http://antarnews.com/berita/1273933824/mendiknas. Tanggal 12 Februari 2013 pukul 09.00 WIB.

Sugandi, Ahmad., dan Haryanto. 2008. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sari Perdana & Syamsi Kastam, (2015) Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Integratif Berbasis Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sekolah Dasar, Jurnal Prima Edukasia,3 (1), Hal 75.

Uno,Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses BelajarMengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, A. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.