Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender

Ahmad Aunil Hafidz, Widya Kusumaningsih, Aurora Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki motivasi belajar tinggi dan siswa perempuan motivasi belajar tinggi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Unggulan Nurul Islami Semarang semester 1 tahun ajaran 2019/2010. Subjek penelitian diambil dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tertulis dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan data tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kerangka analisis dikembangkan oleh peneliti berdasarkan tahapan penyelesaian masalah menurut Gagne Polya dan pemecahan masalah setiap gender. Hasil penelitian ini adalah: a) kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki dengan kemampuan koginif sedang dan motivasi belajar tinggi mampu melaksanakan kemampuan pemecahan masalah dengan baik pada indikator memahami masalah, namun subjek kurang mampu pada indikator membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. b) kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan dengan kemampuan koginif sedang dan motivasi belajar tinggi mampu melaksanakan kemampuan pemecahan masalah dengan baik pada indikator memahami masalah,membuat rencana dan melaksanakan rencana, namun subjek kurang mampu pada indikator memeriksa kembali. c) perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa laki-laki dan siswa perempuan kemampuan kognitif sedang dan motivasi belajar tinggi yaitu pada indikator membuat rencana dan melaksanakan rencana. Siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki.

Keywords


Analisis; Pemecahan Masalah; Motivasi Belajar; Gender

Full Text:

PDF

References


Amir, Z. M. Z. 2013. Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah, 12(1):14-31.

Atta, M.A, dan Jamil, A. 2012. Effects of Motivation and Parental Influence on The Educational Attainments of Students at Secondary Level. Journals SAVAP International. 2(3), 427-431.

Fattah, B., Zawawi, I., dan Midjan. 2018. Representasi Matematis Peserta Didik menurut Pandangan Bruner dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika Dan Jenis Kelamin. Jurnal Didaktika, 24(2). 123-138.

Hakan, K., dan Munire, E. 2014. Academic Motivation: Gender, Domain, and Grade Differences. Procedia Social and Behabioral Sciences, 143:708-715.

Hamdu, G., dan Agustin, L. 2011. Pengaruh Motivasi Beajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96.

Hidayat, W., dan Sariningsih, R. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109-118.

Kriegbaum, K., Jansen, M., & Spinath, B. 2015. Motivation: A predictor of PISA’s mathematical competence beyond intelligence and prior test achievement. Learning and Individual Differences, 43, 140-148.

Kusumaningsih, W. 2018. Gender differences in algebraic thinking ability to solve mathematics problems, Journal of Physics: Conference Series, 1013, 1-5.

Saragih,D. I. 2018. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Budi Agung Medan Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Software Geogebra [Tesis]. Medan (ID). Universitas Negeri Medan.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Gavindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Ulya,H. 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90-96.

Zhu, Z. 2007. Gender differences in matematical problem solving pattens: A review of literature. Internasional Education Journal, 8(2), 187-203.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.