Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditorial
Abstract
Kemampuan berpikir reflektif adalah suatu kegiatan siswa secara aktif dalam menghubungkan pengetahuan yang pernah diperolehnya dalam menyelesaikan permasalahan untuk mendapatkan kesimpulan. Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual dan auditorial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gabus tahun ajaran 2019/2020, dengan subjek penelitian kelas VIII A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, soal tes kemampuan berpikir reflektif, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dimulai dari pengisian angket gaya belajar kemudian menentukan subjek penelitian yaitu 2 siswa yang masing-masing memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial, kemudian diadakan tes kemampuan berpikir reflektif. Dilanjutkan dengan wawancara mendalam terhadap subjek penelitian. Triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Dalam penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator dalam fase berpikir reflektif yaitu fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating. Subjek yang memiliki gaya belajar auditorial hanya mampu memenuhi indikator dalam fase berpikir reflektif yaitu fase reacting, dan fase comparing.Subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik hanya mampu memenuhi indikator dalam fase berpikir reflektif yaitu fase reacting.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cruickshank, D. R. (1996). Reflective Teaching (Pengajaran Reflektif). Surabaya: SIC Surabaya.
DePorter, B. (2000). Quantum Teaching. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Dewey. (n.d.). Dewey-Pemikiran Reflektif. Retrieved Maret 22, 2019, from http://www.teachersrock.net/Dewey%20Pemikiran%20Refleksi.htm
Junaedi, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika , 1.
Kertasismita, W. S. (2015). Berpikir Matematis Matematika untuk Semua. Jakarta: Erlangga.
Kusumaningrum, M. (2012, November 10). Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Maslaah Matematika. Seminar Nasional.
Marlina, H. M. (2014). Penggunaan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Thingking-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika , 1, 83-95.
Nisak, L. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Sematik Figural, dan Simbolik pada Pokok Bahasan Fungsi Kelas XI IPA di MAN Nglawak Kertosono Nganjuk. Skripsi Diterbitkan .
R.Azmil Musthafa, S. A. (2014). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Kelas VII B SMP Negeri 10 Jember. Jurnal Edukasi UNEJ 2014 , 1-6.
Risnawita, M. N. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sariningsih, W. H. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Edversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) , 2, 109-118.
Subini, N. (2011). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Jakarta: PT. Buka Ika.
Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut , 5, 75-84.
Yola Ariestyan, S. D. (2016). Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Avariabel. Kadikma , 7, 95-104.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.