Efektivitas Pembelajaran Model Think Talk Write Berbantu Macromedia Flash Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa
Rizal Latief Maulana, Intan Indiati, Muhammad Prayito
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pembelajaran model Think Talk Write(TTW) berbantu macromedia flash terhadap kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa.Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental semu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Post-test Control Group Design.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Multivariat, Uji Homogenitas Matrik Kovarian, Uji Hottelling Trace T2, Uji t dan Uji regresi linear ganda.Pada analisis data akhir, yang diambil dari posttestdan angket kemandirian belajar, dapat disimpulkan bahwa rata-ratakemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa yang menggunakan pembelajaran model Think Talk Write(TTW) berbantu Macromedia Flash lebih efektifdari pada pembelajaran konvensional.Adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Think Talk Write berbantu macromedia flash lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.
Keywords
Efektivitas; Pembelajaran model Think Talk Write; macromedia flash; pembelajaran konvensional; penalaran matematis; kemandirian belajar
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI. Jurnal Upi Edu. No 1, 12-20.
Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, Virginia: NCTM.
Pannen, Paulina. (2001). Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta.
Sumarmo, U. (2003) Makalah Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Konpetensi. Bandung : UPI