Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Visual

Akhmad Maruf, Intan Indiati, Lukman Harun

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar visual. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Jepara. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas VIII D SMPN 6 Jepara tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 1 siswa dengan gaya belajar visual. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode angket gaya belajar siswa, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu yaitu dilakukan dengan cara mengecek data dari sumber yang sama dan waktu yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : profil kemampuan pemecahan masalah matematika subjek dengan gaya belajar visual sampai 3 tahapan, yaitu memahami masalah, membuat rencana, dan melaksanakan rencana.

Keywords


gaya belajar; pemecahan masalah Polya

Full Text:

PDF

References


Hidayat, B. R., Bambang S., & Getut P. 2013. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa”. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Iriani, D. & Mutia L. 2013. “Identifikasi Gaya Belajar dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP N 2 Kerinci”. Jambi: Universitas Jambi.

Ollerton, M. 2007. Teaching and learning through problem solving. MT: Mathematics Teaching, 201, 3-5.

Posamentier, A. S., & Stepelmen, J. 1990. Teaching secondary school mathematics: Techniques and enricment units (). Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.

Rohayati. S, Karno, & Wilda I.C. 2017. “Identifikasi Etnomatematika pada Masjid Agung di Yogyakarta”. Yogyakarta: Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Setiawan. 2008. Prinsip-prinsip Penilaian Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fakhrudin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Bandung: PPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Mousa, N. 2014. The Importance of Learning Style in Education. International Journal of Education, Vol 1 No 2 : 19-27. Tersedia di http://www.auburn.edu.

Arfiana, E. 2018. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa”. Skripsi. Semarang. Universitas PGRI Semarang.

Febi D. W. 2013. Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Malang: Universitas Winuwardhama Malang.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Arisanti, D.R. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Prayudi. 2011. Gaya Belajar Individu, http://www.e-psikologi.com/remaja/260902.

Gilakjani, A.P. (2012). Visual, Auditory, Kinesthetic Learning Style and Their Impact on English Languange Teaching. Journal of Studies in Education, 104-113.

Widiyanti, T. 2011. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidyatullah.

Santoso, S.E. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Quantum Learning. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.