Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Talking Stick Berbantu Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X

Vito Putra Prasetya, Muhammad Prayito, Agung Handayanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X yang mendapat perlakuan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisionberbantu Prezidan Talking Stick berbantu Prezilebih baik dari konvesional. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division  berbantu Prezi, model pembelajaran Talking Stickberbantu Prezidan model pembelajaran konvensional. 2) Model pembelajaran Student Teams Achievement Division  berbantu Prezilebih baik dari konvesional. 3) Model pembelajaran Talking Stick  berbantu Prezilebih baik dari konvesional. 4) Model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantu Prezilebih baik dariTalking Stickberbantu Prezi. 5) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada model pembelajaran Student Teams Achievement Division  berbantu Prezi. 6) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada model pembelajaran Talking Stickberbantu Prezi. 7) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division  berbantu PreziTalking Stickberbantu Prezi, dan Konvesional mencapai ketuntasan (KKM) baik secara individual maupun klasikal.

Keywords


Student Teams Achievement Division; Talking Stick; Prezi; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Teropuler. Jogjakarta: DIVA Press.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusyfian, Z. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Bandung: Informatika.

Sardiman, A. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Santrock. (2007). Macam-Macam Motivasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.