Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa SMK dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif dan Hasil Belajar

Muryanti Muryanti, Agung Handayanto, Muhammad Prayito

Abstract


Mengerjakan soal matematika memerlukan pemecahan masalah dan menyadari proses berfikirnya untuk mendapatkan tujuan hasil belajar yang diinginkan. Hasil belajar siswa terdiri dari hasil nilai rendah dan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa SMK dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif.Subjek penelitian ini terdiri dari empat siswa kels X TKRO 1 dari SMK N 5 Semarang tahun ajaran 2018/2019, dua siswa yang bergaya kognitif reflektif dengan hasil belajar rendah tinggi dan dua siswa yang bergaya kognitif impulsif dengan hasil belajar rendah tinggi.  Teknik pengumpulan  data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi waktu.Hasil penelitian inimendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa SMK dilihat dari siswa bergaya kognitif reflektif dan siswa bergaya kognitif impulsif dengan hasil belajar. Dari hasil analisis peneliti, siswabergaya kognitif reflektifmemiliki keterampilan metakognisi yang baik. Sedangkan siswa bergaya kognitif impulsif  menyadari proses berfikirnya namun ada aktivitas metakognisi belum dipenuhi dengan baik. Gaya kognitif reflektif-impulsif dapat mempemgaruhi kemampuan metakognisi dalam proses pemecahan masalah serta dalam mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Keywords


Kemampuan Metakognisi; Pemecahan masalah; Reflektif-ImpulsifKemampuan Metakognisi; Pemecahan masalah; Reflektif Impulsif

Full Text:

PDF

References


Anderson,O.2001.A Taxonomy For Learning. Teaching, and Assesing (A Revision of Bloom’s Taxconomy of Educational Objectives). New York : Addision Wesley Longman, Inc.

Anggo, M.2011. Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untukMeningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatica, 1(2), 35-42.

Fridanianti, A.,Purwanti, H.,&Murtianti,Y.H.2018.Analisis Kemampuan BerfikirKritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Aksioma, 9(1),11-20.

Imam.M.Z, Agustin.E.,& Moch.L. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 60-68.

Mairing,D.J.2018.Pemecahan Masalah Matematika Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berfikir Kreatif dan Sikap Positif.Bandung :ALFABETA.

Purwanto.2003.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rosavip, M.F. 2018. Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sugiyono, P.D. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Warli.2009. Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif(Studi Pendahuluan Pengembangan Model KBR-1). Prosiding SeminarNasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA,M 567-M 754.

Warli.2010.Instrumen Uji MFFT (Matching Familiar Figure). FKIP UniversitasJambi : Jambi.

Widadah,S.,Afifah,D.S.,&Suroto.2013.Profil Metakognisis Siswa Daam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, I(1),13-24.

Zahra Ckairani, M.2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika.Yogyakarta : Katalog Dalam Terbitan (KDT)




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.