Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share dan Model Pembelajaran Pair Checks terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Anting Savitri, Nizaruddin Nizaruddin, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Pair Sharedan model pembelajaran Pair Checksterhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian dengan Cluster Random Samplingdari populasi siswa kelas VII SMP PGRI 3 Taman Pemalang tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan anava satu arah dengan taraf signifikansi 5% dilanjutkan dengan uji scheffe’ dan regresi linier sederhana untuk mengetahui besar pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Share, model pembelajaran Pair Checksdan model pembelajaran konvensional. (2) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Think Pair Sharelebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. (3) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat model pembelajaran Pair Checkslebih baik daripada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. (4) terdapat pengaruh positif keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model pembelajaran Think Pair Share. (5) terdapat pengaruh positif keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada model pembelajaran Pair Checks. (6) rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Think Pair Sharedan model pembelajaran Pair Checkstelah mencapai ketuntasan belajar individual maupun klasikal.

Keywords


Think Pair Share; Pair Checks; Kemampuan berpikir kritis matematis

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. (2013). Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66-75.

Dewi, S. (2015). The Effect of Student’s Metacognition Ability to Their Reasoning by Using Realistic Mathematical Education Approach at Secondary School of Unggul Sakti Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(3), 171.

Hamdani. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Karim dan Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1).

Muawanah, L., Budiyono., dan Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Pair Check, dan Think Pair Share pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(6), 625-636.

Noer, S. H. (2009). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding. ISBN: 978-979-16353-3-2.

Noordyana, M. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 121.

Nurwati, I., Haryono, A., Wijaya, S.U.M. (2016). Perpaduan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Mind Mapping dengan Problem Based Learning dan Think Pair Share terhadap Hasil Belajar. National Conference On Economic Education. ISBN: 978-602-17225-5-8.

Wicaksono, B., Sagita, L., Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Aksioma, 8(2), 1-3.

Yuliariska, N. (2016). Penerapan Model Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.