Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada Siswa Kelas VIII

Abdul Wahid, Agung Handayanto, F.X. Didik Purwosetiyono

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pada seluruh bidang kehidupan, diantaranya adalah bidang pendidikan. Sebagai tolak ukur pengimplementasian Kurikulum 2013, budaya dan TIK menjadi kombinasi yang tepat diterapkan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis etnomatematika Menara Kudus menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 yang efektif pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 langkah-langkah, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation(Implementasi)danEvaluation (Evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Media dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli media dengan persentase kelayakan 92,4% dan validasi ahli materi dengan persentase kelayakan 93%. (2) Media dinyatakan efektif karena mencakup 3 indikator, yaitu rerata hasil belajar kelas ekperimen lebih baik dari kelas kontrol, bahwa ada pengaruh positif minat belajar terhadap hasil belajar dengan uji regresi linear diperoleh persamaan regresi  dengan memiliki pengaruh sebesar 40,3 %, dan hasil belajar kelas eksperimen mencapai ketuntasan. Pengembangan media pembelajaran berbasis etnomatematika Menara Kudus menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada siswa kelas VIII efektif digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Pengembangan; Etnomatematika Menara Kudus; ADDIE; efektif

Full Text:

PDF

References


Aisyah, R. J. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1-11.

Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, A. P., & RPS, A. N. (2014). Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 91-111. Surakarta: Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.

Buchori, A., Rahmawati, N. D., & Kusdaryani, W. 2017. Mobilemath ( Mobile Learning Math ) Media Design with Seamless Learning Model on Analytical Geometry Course, 12(19), 8076–8081.

Dewi, N. W., Suharta, I. G., & Ardana, I. M. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Scientific Berorientasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, III, 1-12.

Hardiarti, S. 2017. Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 99-110.

Kusnadi, D., Tahmir, S., & Minggi, I. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 123-135.

Jamun, Y. M. 2016. Desain Aplikasi Pembelajaran Peta Nusa Tenggara Timur Berbasis Multimedia, 8, 144–150.

Nida, Izza K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. 2017. Pengembangan Comic Math Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Meteri Kubus Dan Balok di SMP. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 31–40. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1531

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32-54.

Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(1), 41-54.

Taleb, Z., Ahmadi, A., & Musavi, M. (2015). The effect of m-learning on mathematics learning. Procedia- Social and Behavioral Sciences(171), 83-89.

Yuliawati, F. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS3 Professional dalam Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains di SD/MI Kelas 5. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3), 129-138.

Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceedings of The International Conference on University-Community Engagement, 715-726.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.
slot gacor slot