Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Pamotan

Dhiar Agnes Pramudita, Supandi Supandi, Muhammad Syaifuddin Zuhri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika pada materi pola bilangan disebabkan pembelajaran di sekolah masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian posttest only control designdi kelas VIII SMP N 3 Pamotan. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Samplingdengan sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dikenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu prezi, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dikenai pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, pretest untuk data awal dan posttest untuk hasil data akhir. Hasil penelitian menunjukan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan 1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berbantuan prezi dan model pembelajaran konvensional, 2) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL)berbantuan prezi lebih efektif dari model pembelajaran konvensional, 3) Kemampuan representasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berbantuan prezi mencapai KKM, 4) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berbantuan prezi, 5) Terdapat pengaruh keaktifan siswa menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa, 6) Terdapatketuntasan secara klasikal maupun individual yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbantu prezidan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan ditunjukkan persamaan regresinya pada kelas dengan model Problem Based Learning (PBL).

Keywords


Problem Based Learning (PBL); berbantuan prezi; hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Abdul.2007.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, Dan Kontekstual.Surabaya: PT Remaja Rosdakarya Offset

Arikunto. 2010. Prosedur Penilaian SuatuPraktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT bumi aksara

Budiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian.Surakarta:UNS Pres.

BSNP. 2006. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dharma Bhakti.

Dewi, Ratna. 2018. Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018 hal 44-52 e-ISSN: 2549-9114 dan p-ISSN: 2549-9203

Dewi, Puspita Kharisma dan Lyna Latifah.2016. Efektivitas Metode Problem Posing Berbantuan Media Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Jurnal Penyesuaian. EEAJ 5 (1) (2016) Economic Education Analysis Journal http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Martono, Koko, dkk. 2007. Matematika dan kecakapan hidup untuk SMAkelas XI program ilmu pengetahuan alam jilid 11b. Jakarta: Ganeca Exact.

Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sain Dan Matematika Sekolah UNISA.

Santosa, Erik. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemaempuan Pemecahan Masalah Matematik (Penelitian terhadap Siswa kelas X Otomotif SMK Galuh Rahayu Ciamis Tahun Pelajaran 2013/2014). Vol. 1 No. 1 Edisi Juli 2016 hal. 10-20

Sumantoro, dkk. 2007. Silabus sains, pengetahuan social, matematika, bahasa Indonesia untuk kelas 3 sekolah dasar. Yogyakarta: Kanisius.

Suryani, dkk. 2015.Penggunaan Media Prezi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Sma Negeri 1 Lhoksukon. Jurnal EduBio Tropika, Volume 3, Nomor 1, April 2015

Susanto, A. 2015. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyuni. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Group Investigation (GI) Berbantu Prezi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. Semarang : UPGRIS




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.