Pengembangan LKS Kontekstual Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP

Galuh Veranika Ferdiana Sari, Lilik Ariyanto, Ida Dwijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) konstekstual dalam pembelajaran kooperatif tipe peer tutoring yang valid dan mengetahui efektivitas penggunaannya terhadap kemampuan literasi matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Developmentdengan model 3-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 42 Semarang. Hasil dari validasi ahli materi dan ahli media berkriteria sangat baik, sedangkan tanggapan siswa berkriteria baik.Ketuntasan belajar klasikal dari hasil posttestpada kelas eksperimen sebesar 86,11%, dan kelas kontrol sebesar 52,78%. Pada uji regresi didapat korelasi positif antara keaktifan dan hasil belajar. Selanjutnya untuk pengujian hipotesis penelitian didapatkan hasil bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) kontekstual dalam pembelajaran kooperatif tipe peer tutoringlebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan literasi matematika siswa SMP.

Keywords


Pengembangan; LKS kontekstual; Peer Tutoring; Literasi Matematika

Full Text:

PDF

References


Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Dwijayanti, I. 2014. Efektivitas Kelas Humanistik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Karakteristik Peserta Didik. Journal Pendidikan Universitas PGRI Semarang: Aksioma, 5

Dwijayanti, I. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Socio Humanism. JIPMat, 1(1).

Mullis, Ina VS., dkk. 2012. TIMSS 2011 International Result In Mathematics. Chesnut Hill, MA, USA : TIMSS&PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.

Nurdianasari, Herlin et al. 2015. Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII Berdasarkan Gaya Kognitif. Unnes : Jurnal of Mathematics Education Research 4(2).

OECD. 2010. Draft PISA 2012 Assessment Framework. (Online). Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. Diakses 12 April 2016.

Organisation for Economic Coperation and Development (OECD). 2013. PISA 2012 Result : Ready to Learn Students’ Engagement and Self-Beliefs Volume III. Paris : PISA, OECD Publishing.

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. UNNES: Jurnal KREANO ISSN 2086-2334 Volume 3 Nomor 1.

Sanjaya, Wina. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Setiawan, Harianto, dkk. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi. Prosding Seminar Nasional Matematika.

Sukmadinata, N. S. 2013. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wardhani, Sri. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Jakarta: Kemendiknas.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.