Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning Berbantuan Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII

Peni Nur Widya, Lilik Ariyanto, Yanuar Hery Murtianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Contextual Teaching and Learning berbantuan Pop Up Booksehingga menghasilkan media pembelajaran yang layak, serta diharapkan dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII pada materi bilangan dan lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Populasi penelitian adalah siswa SMP Kesatrian 2 Semarang. Sampel penelitian adalah kelas VIII C sebagai kelas ujicoba soal instrumen, kelas VII A sebagai kelas kontrol, dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Hasil dari validasi ahli media baik dan validasi ahli materi sangat baik. Angket tanggapan siswa menyatakan baik. Berdasarkan hasil analisis akhir dengan uji t pihak kanan diperoleh nilai thitung> ttabelmaka H0ditolak. Kesimpulannya bahan ajar ini layak dan rata – rata kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan bahan ajar matematika berbasis Contextual Teaching and Learning berbantuanPop Up Bookefektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII dan lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Keywords


Pengembangan; bahan ajar; Contextual Teaching and Learning; Pop Up Book; Penalaran Matematis

Full Text:

PDF

References


Bani, A. 2011. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung. Jurnal UPI Edu. No.1, 12-20

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Ceria.

Herman, Tatang. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, No.1, 41-62

Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching And Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan Dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center (MLC)

Khan, W. & Ullah, H. 2010. Scientific Reasoning: A Solution to the Problem of Induction. International Journal of Basic & Appllied Science, 49-53

Murtianto, Y. H., & Harun, L. 2014. Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa. Aksioma Vol. 5, No.2, 76-92

Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Sumartini, TS. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.