Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII

Indah Purnama Sari, Supandi Supandi, Lilik Ariyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses mengembangkan E-Learning dengan model PBL yang valid dan mengetahui efektivitas penggunaan E-Learning dengan model PBL dalam pembelajaran matematika materi penyajian data terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mlonggo Jepara. Hasil dari validasi ahli materi dan tanggapan siswa berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 93,4% dan tanggapan siswa 85,8%. Sedangkan ahli materi berkriteria baik, yaitu 73,74%. Hasil N-gain kelas eksperimen pada kategori tinggi yaitu 0,71 sedangkan kelas kontrol pada kategori sedang yaitu 0,6. Secara klasikal kelas eksperimen dan kontrol termasuk tuntas dengan presentase ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol mencapai 87,1% dan respon siswa terhadap pembelajaran positif. Berdasarkan uji T satu pihak diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 74,52 dan 67,5.

Keywords


Pengembangan; CD interaktif; PBL; Berpikir Kritis Matematis.

Full Text:

PDF

References


Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan elearning: teori dan desain. Bandung: Rosda.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. ISSN 1412-565X edisi khusus No. 1, Agustus 2011.

Firdaus, I. Kailani, Md. Nor Bin Bakar, dan Bakry. 2015. Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning. Vol. 9(3) pp. 226-236.

Horton, W. (2001). E-learning by design. San Fransisco: Pfeiffer.

Maigari, S. A., Mohd Z. A., Adnan A., dan Yusri K. 2016. Prospects of Problem-Based Learning in Building Critical Thinking Skills among Technical College Students in Nigeria. Mediterranean Journal of Social Sciences. (2016) Vol. 7 No. 3.

Nugraha, Widdy Sukma. 2018. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan, Vol. 10 No.2 Juli 2018 Hal 115-127.

Nursalam dan F. Efendi. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pribadi. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sada, A. M., dkk. 2016. Prospects of Problem-Based Learning in Building Critical Thinking Skills among Technical College Students in Nigeria. Mediterranean Journal of Social Sciences, MCSER Publishing, Vol 7 No 3.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Williams, B. A., H. Yuan, W. Kunaviktikul, dan A. Klunklin. 2008. Promoting Critical Thinking Skills Through Problem-Based Learning. CMU. Journal of Soc. Sci. and Human. (2008) Vol. 2(2).

Wulandari, Feby dkk. 2013. Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran IPA Terpadu Tema Energi dalam Kehidupan untuk Siswa SMP. UNNES Science Education Journal. ISSN 2252-6609 USEJ 2 (2) (2013).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.