Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP

Dian Prihatiningtyas, Lilik Ariyanto, Yanuar Hery Murtianto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)mengetahui apakah model pembelajaran creative problem solvingefektif digunakan untuk kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (2) model pembelajaran project based learning efektif digunakan untuk kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) manakah yang lebih baik antara model creative problem solving dan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian modelQuasi Experimental Designyang dilakukan di SMP Negeri 1 Kendal.  Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling dari populasi siswa kelas VIII diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen I dan VIII D sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan : (1) model pembelajaran creative problem solving efektif digunakan untuk kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator mengidentifikasi fakta yang ada; (2) model pembelajaran project based learning efektif digunakan untuk kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada indikator mengidentifikasi fakta yang ada; (3) model pembelajaran project based learninglebih baik dibandingkan model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jadi kelas yang mendapat model pembelajaran creative problem solving dan model pembelajaran project based learning mencapai ketuntasan secara klasikal dan individual

Keywords


Efektivitas; Creative Problem Solving; Project Based Learning; dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Full Text:

PDF

References


Anderson. (2003). Critical Thinking Across the Discipliness. Makalah Pada Faculty Development Seminar In New York City College of Technology.

Daniel, F. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 7-13.

Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018, July). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dar Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Aksioma, 9(1), 12-13.

Ikanintyas, A. A., Santoso, S., & Sohidin. (2015). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Akuntasnsi Melalui Penerapan Model Project Based Learning Team Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 04 Andong Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Tata Arta UNS, 2(2), 40-48.

Indriyani, F. (2018). Efektivitas Model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI. Skripsi.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (n.d.). The New Sourcebook for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementer School. Massachusetts: Allyn & Bacon A Simon & Schuster Company.

Kurniasih, A. W. (2012). Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 113-124.

Kusumaningtyas, D. A., Sutrisno, & Ariyanto, L. (2017). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 130-133.

Lipman, M. (1987). Critical thinking : What can it be. Analytic Teaching, 8(1), 5-12.

Meiramova, S. (2017). Aplication Of Critical Thinking Research : Foreign Language Teaching In An Intercultural Context. Jurnal new Horizon In Education, 7(1), 24-36.

Mitchell, W. E., & Kowalik, T. F. (1999). Creative Problem Solving (Third Edition). Retrieved Maret 15, 2019, from http://www.geocities.ws/jkdilp/Creative_Problem_Solving.pdf.

Prayogo, G. S. (2016). Keefektifan Rusbult's Problem Solving Strategy Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Peserta Didik Kelas VII Materi Himpunan. Skripsi.

Rizky, I. D., Ariyanto, L., & Sutrisno. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X Dengan Pembelajaran Menggunakan Android Peckage. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SENATIK), 140-141.

Scriven, M., & Paul, R. (2007). Defining Critical Thinking. The Critical Thinking Community. Foundation for Critical Thinking. Retrieved Maret 25, 2019, from http//www.critical thinking.org/about CT/define_critical_ thinking.ctm

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudewa, D. G., Sujana, I. W., & Putra. (2014). Implementasi Model Creative Problem Solving dengan Media Flash CD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri 6 Sukawati. e-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan.

Syamsuduha, D. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Program Geometer's Sketchpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP . Proceeding.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.