Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Hasil Belajar

Nava Ferik Embartiyana, Djoko Purnomo, Muhammad Prayito

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran yang masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada berbedaan hasil belajar antara siswa yang tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah setelah mendapat pembelajaran dengan pendekatan open-endedserta pendekatan konvensional (2) Apakah hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan open-endedlebih baik dari pada pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini yaitu jenis quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII . Melalui cluster rondom samplingterpilih sampel penelitian yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan VII G sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik. Uji ststistik yang digunakan adalah ANAVA Satu Jalan Dengan Sel Tak Sama.Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan (1) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang tingkat kemampuan berpikir kritis siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah setelah mendapat pembelajaran dengan dengan pendekatan open-endedserta pendekatan konvensional. (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan open-endedlebih baik dari pada pendekatan pembelajaran konvensional. 

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Pendekatan Open-Ended

Full Text:

PDF

References


Egok, Asep Sukenda. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 7, Edisi 2 Desember.

Faridah, Nanden dkk. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol.1 (1)

Hamidah, Siti Nor, dkk. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Mattematika Peserta Didik Yang Menggunakan Cara Latihan Dengan Belajar Kelompok. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sukoharjo. Vol.1 (1)

Martiati, (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Terkait Dua Tinggal Dua Tamu. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Vol.2 (3)

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sari, Novita Ayu, dkk. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pembangkat Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol.1 (1).

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung: AlfaBeta

Triyanto, Eko dkk. (2013). Peran Kemampuan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol.1 (2).

Wijayanto, Hanif. (2018). Pendekatan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP “(Penelitian Eksperimen Terhada Siswa Kelas VII SMP N 1 Masaran Tahun 2017/2018)” Jurusan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.