Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Budiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Cahyani, H., & Setyawati,R.W. 2016. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016.
Carson, J. 2007. A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator. Vol. 17, No. 2, hal.7–14
Fauziah, A & Sukasno. 2015. Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma N I Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 4, No.1
Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA. ISSN 2338-2996
Good, T. L., & Grouws, D. A. (1979). The Missouri Mathematics Effectiveness Project: An experimental study in fourth-grade classrooms. Journal of Educational Psychology, 71(3), 355-362.
Harahap, E.R., & Surya, E. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica: Vol 7, No. 1. ISSN: 2088-2157
Huinker, D. & Laughlin, C. ”Talk Your Way into Writing”, in Communication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 year book. The National Council of Teachers of Mathematics, 1996
Karatas, I., & Baki, A. (2013). The effect of learning environments based on problem solving on students' achievements of problem solving. International Electronic Journal of Elementary Education 5(3), 249
Marliani, Novi. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif 5(1): 14-25, 2015. ISSN: 2088-351X
Nuraeni, R. & Luritawaty, I.P. 2016. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal “Mosharafa”, Vol. 5, No. 2, ISSN 2086 4280
Rusdiyana, E., Tarpsilasiwi, D & Yudianto, E. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Dengan Media Permainan Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. @Kadikma, Vol. 9, No. 1, hal. 52-60,
Silver, E. A., & Smith, M. S. (1996). Building discourse communities in mathematics classrooms: aworthwhile but challenging journey. Dalam P. C. Elliot & M. J. Kenney (Eds.), Yearbook of Communication in Mathematics K-12 and Beyond (pp. 20-28). Reston, VA: NCTM
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini, Tina Sri. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal “Mosharafa”, Vol. 5, No. 2, ISSN 2086 4280
Supandi, Supandi, dkk. 2018. Think-Talk-Write Model for Improving Students' Abilities in Mathematical Representation. International Journal of Instruction. Vol. 11, No. 3, p-ISSN: 1694-609X
Supandi, Supandi., Kusumaningsih, W & Ariyanto, L. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Think Talk Write Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematik Siswa SMP. Prosding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. ISSN : 978-979-16353-9-4
Wahyuni, R & Efuansyah. 2017. Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 2, No. 1, Hal.24
Wahyuni, R., & Efuansyah. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Model Missouri Mathematics Project Menggunakan Strategi Think Talk Write. Journal of Mathematics Science and Education, Vol. 1, No. 1, 55 – 66, e-ISSN: 2623-2383. 2018
Widiharto, Rahcmadi. 2004. Beberapa Teknik, Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5774
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.