Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP

Aminuddin Faizal Aziz, Widya Kusumaningsih, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Welahan Jepara. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dengan uji rerata dua varian dan dilanjutkan dengan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui besar pengaruhnya. Hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu 1) ada perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan strategi Think Talk Write (TTW) dan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. 2) terdapat pengaruh positif keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan strategi Think Talk Write (TTW). 3) model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan strategi Think Talk Write (TTW) lebih efektif dari pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP.

Keywords


Missouri Mathematics Project; Think Talk Write; Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Budiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Cahyani, H., & Setyawati,R.W. 2016. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016.

Carson, J. 2007. A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator. Vol. 17, No. 2, hal.7–14

Fauziah, A & Sukasno. 2015. Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma N I Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 4, No.1

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA. ISSN 2338-2996

Good, T. L., & Grouws, D. A. (1979). The Missouri Mathematics Effectiveness Project: An experimental study in fourth-grade classrooms. Journal of Educational Psychology, 71(3), 355-362.

Harahap, E.R., & Surya, E. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica: Vol 7, No. 1. ISSN: 2088-2157

Huinker, D. & Laughlin, C. ”Talk Your Way into Writing”, in Communication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 year book. The National Council of Teachers of Mathematics, 1996

Karatas, I., & Baki, A. (2013). The effect of learning environments based on problem solving on students' achievements of problem solving. International Electronic Journal of Elementary Education 5(3), 249

Marliani, Novi. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif 5(1): 14-25, 2015. ISSN: 2088-351X

Nuraeni, R. & Luritawaty, I.P. 2016. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal “Mosharafa”, Vol. 5, No. 2, ISSN 2086 4280

Rusdiyana, E., Tarpsilasiwi, D & Yudianto, E. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Dengan Media Permainan Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. @Kadikma, Vol. 9, No. 1, hal. 52-60,

Silver, E. A., & Smith, M. S. (1996). Building discourse communities in mathematics classrooms: aworthwhile but challenging journey. Dalam P. C. Elliot & M. J. Kenney (Eds.), Yearbook of Communication in Mathematics K-12 and Beyond (pp. 20-28). Reston, VA: NCTM

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, Tina Sri. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal “Mosharafa”, Vol. 5, No. 2, ISSN 2086 4280

Supandi, Supandi, dkk. 2018. Think-Talk-Write Model for Improving Students' Abilities in Mathematical Representation. International Journal of Instruction. Vol. 11, No. 3, p-ISSN: 1694-609X

Supandi, Supandi., Kusumaningsih, W & Ariyanto, L. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Think Talk Write Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematik Siswa SMP. Prosding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. ISSN : 978-979-16353-9-4

Wahyuni, R & Efuansyah. 2017. Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 2, No. 1, Hal.24

Wahyuni, R., & Efuansyah. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Model Missouri Mathematics Project Menggunakan Strategi Think Talk Write. Journal of Mathematics Science and Education, Vol. 1, No. 1, 55 – 66, e-ISSN: 2623-2383. 2018

Widiharto, Rahcmadi. 2004. Beberapa Teknik, Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.