Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Kelas XI Menurut Langkah-Langkah John Dewey Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers

Ainin Nada, Muhammad Prayito, Lukman Harun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI menurut langkah-langkah john dewey ditinjau dari adversity quotient. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari 3 tipe adversity quotientyaitu quitterscampers,dan climbers. Penelitian ini fokus pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tipe campers.Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan pada Siswa camperssebagai berikut: 1) mampu dalam mengenali masalah atau menyajikan masalah, 2) mampu dalam mendefinisikan masalah, 3) kurang mampu dalam mengembangkan beberapa hipotesis, 4) mampu dalam menguji beberapa hipotesis, 5) tidak mampu menyelesaikan memilih hipotesis terbaik. Jadi, siswa campers dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika masuk kategori sedang.

Keywords


Adversity Quotient; Pemecahan Masalah; John Dewey; Campers.

Full Text:

PDF

References


Hidayat, W. (2017). Adversity quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika.17(1)

Nurkholis. (2013, Nopember 1). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan.8(2)

Purwasih, Ratni. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.8(2)

Qohar, A. (2008, Mei 31). Komputer dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Mahasiswa S3 Matematika di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Sariningsih, W. H. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa Smp Melalui Pembelajaran Open Ended . Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika).114(2)

Stoltz. (2000). Adversity quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Pengaruh Adversity quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif.61-71(1).

Syaharuddin. (2016). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Hubungannya Dengan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII Smpn 4 Binamu Kabupaten Jeneponto. 28(1)




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.