Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual

Meilisa Dea Puspita, Muhammad Prayito, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Kemampuan penalaran adalah kemampuan untuk meningkatkan pemahaman dalam menarik kesimpulan, membuktikan, memberikan gagasan baru, dan menyelesaikan maslah matematika. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan penalaran dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar visual. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan subjek 3 orang siswa SMA Negeri 3 Pati kelas XI MIPA 9. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar, tes tertulis, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan triangulasi metode tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa 3 subjek terpilih memiliki gaya belajar visual, yaitu gaya belajar visual dengan kognitif tinggi, gaya belajar visual dengan kognitif sedang, dan gaya belajar visual dengan kognitif rendah mempunyai kemampuan penalaran dalam memecahkan masalah matematika dan menguasai indikator penalaran berbeda-beda.

Keywords


kemampuan penalaran; memecahkan masalah; gaya belajar.

Full Text:

PDF

References


Afif, A. M., Suyitno, H., & Wardono, W. (2017, February). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Dalam Problem Based Learning (PBL). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 328-336).

Ario, M. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Edu Research, 5(2), 125-134.

DePorter, B. (2000). Quantum Teaching. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Nita Putri Utami, M. d. (2014). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Painan Melalui Penerapan Pembelajaran Think Pair Square. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.1, 7-12.

R. Azmil Musthafa, S. A. (2014). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Siswa dam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Kelas VII B SMP Negeri 10 Jember. Jurnal Edukasi UNEJ, Volume 1, Nomor 3, 1-6.

Risnawita, M. N. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rosnawati, R. (2013). KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP INDONESIA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Subini, N. (2011). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Jogjakarta: Javalitera.

Sumartini, T. S. (2015, April). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5, Nomor 1, 5.

Utami, R. (2013, Januari). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Langkah Penyelesaian Berdasarkan Polya dan Krulik-Rudnick Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1, 82-91.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Mata Pelajaran Matematika . PPPPTK, 15.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.