Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Barra Purnama Pradja, Muhammad Arie Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas dari penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching melihat kepada penelitian-penelitian yang menggunakan metode ini dalam meningkatkan kemampuan siswa, meningkatkan pemahaman konsep matematika, mempengaruhi sikap positif siswa, lelbih percaya diri, dan pembelajaran yang lebih aktif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan tipe penelitian dalam penelitian ini menggunakan deskripsi evaluatif. Subjek dalam penelitian ini adalah beberapa penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya yang membahas penggunaan reciprocal teaching dalam pembelajaran Matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi. Penelitian-penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan selama 7 tahun terakhir, dan penelitian-penelitian tersebut menggunakan tema yang sama yaitu penggunaan reciprocal teaching dalam pembelajaran Matematika. Hasilnya adalah metode reciprocal teaching dapat digunakan oleh para pendidik khususnya dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa, meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, memotivasi siswa lebih baik, meningkatnya kemampuan penalaran siswa, dan meingkatkan efektivitas kemampuan komunikasi matematis siswa.


Keywords


reciprocal teaching; model pembelajaran; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul, A. W. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Carter, Carolyn J. 1997. Why Reciprocal Teaching? Journal Educational Leadership. Diambil dari www.file://localhot/Resource%20centre%20 Reciprocal%20Teaching %20[English%20Online].htm. Diakses pada tanggal 17 Maret 2020.

Garderen, D. V. (2004). Reciprocal Teaching As A Comprehension Strategy For Understanding Mathematical Word Problems. Reading And Writing Quarterly. New York: Taylor & Francis Group.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis, Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup.

Palincsar, A. & Brown, A. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension-Monitoring Activities. Cognition and Instruction, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.