EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 SEMARANG

Zanuar Krisna Ardiansyah, Ali Shodiqin, Muhtarom Muhtarom

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Discovery Learningberbantu media Prezi; (2) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuPrezilebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (3) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuPrezilebih baik daripada model pembelajar konvensional; (4) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuPrezilebih baik daripada model pembelajar Discovery Learningberbantu Prezi;  (5) keaktifan siswa pada model pembelajaran Problem Bases Learningberbantu Prezidan model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezi; (6) ketuntasan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantu Prezidan model pembelaran Discovery Learning berbantuPrezi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Melalui cluster random samplingterpilih sampel penelitian yaitu X TKR 2 sebagai kelas eksperimen I, X TP 1 sebagai kelas eksperimen II, dan X TP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data  dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil peneliian menunjukan: (1) Terdapat perbedanaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezi; (2) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Basesd learningberbantu Prezilebih baik daripada model pembelajaran Konvensional; (3) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezilebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (4) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learing berbantu Prezilebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezi; (5) keaktifan siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantu Prezi diperoleh persamaan regresi linear yaitu  dan model pembelajaran Discovery Learningberbantu Prezi diperoleh persamaan regresi linear yaitu ; (6) hasil belajar siswa pada model pembelajaran Problem Based Learningberbantu Prezimencapai ketuntasn belajar dan model pembelaran Discovery Learning berbantu Prezitidak mencapai ketuntasan belajar.

Keywords


Problem Based Learning; Discovery Learning; Prezi; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, L., Siroj, R.A. & Putri, R.I.I. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk MeningkatkanKemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII-4 SMP Negei 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-44.

Dewi, D.P.S. (2014). Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside (IOC) dan Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari Kretivitas dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Transformasi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Kuningan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Akademi dan Gagasan Matematika, 1(1), 1-7.

Dinnullah, R.N.I (2018). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery-Inquiry Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 01-08

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1(1), 249-259.

Oktaviani, Mawardi dan Astuti. (2018). Perbedann Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Ditijau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD, Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar UKSW, 1 (1), 132 - 141

Rahmawari, Dewi dan Giarti. (2018). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learing Terhadap Hasil Belajar Siswa, Journal For Lesson and Learning Studies, 1(3), 214 - 221

Setyorini, U., Sukiswo, S.E. & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 52-56.

Suminar dan Meilani. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 84 - 93

Suprihatiningrum. (2017). Strategi pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.