EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VIII

Moch Galuh Widiantoro, Sudargo Sudargo, Aryo Andri Nugroho

Abstract


Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learningdan Pair Checksberbantuan Prezi  yang ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Teknik cluster random samplingdiambil dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Satu kelas uji coba sebagai penelitian soal. Variabel penelitian ini yaitu keaktifan (X) sebagai variabel bebas dan hasilbelajarpeserta didik (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasilbelajarpeserta didik dan lembar observasi untuk mengukur keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Problem Based Learningdan Pair Checksberbantuan Preziefektif dalam pembelajaran, ditunjukkan dengan tercapainya tiga indikator keefektifan pembelajaran yaitu tercapainya ketuntasan belajar pada kelas eksperimen dengan persentase ketuntasan sebesar 80,95%pada kelas eksperimen I dan 81,82%pada kelas eksperimen II, adanya pengaruh positif antara keaktifan terhadap hasilbelajarpeserta didik pada kelas eksperimen I dan eksperimen II sebesar 79% dan 75% serta nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol dengan rata-rata kelas eksperimen I sebesar 84,95 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 77,04, sedangkan rata-rata kelas eksperimen II sebesar 86,45dan rata-rata kelas kontrol sebesar 77,04.

Keywords


efektif; Problem Based Learning; Pair Checks; Prezi; dan hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach-Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asmani, J. M. 2009. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif .Yogyakarta: Diva Press.

Danasasmita, Wawan. 2008. Model-Model Pembelajaran Alternatif. Bandung: UPI.

Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta. h.3-4.

Guskey, Thomas R. 1982. The Effectiveness of Mastery Learning Strategies in Undergraduate EducatiOn Courses. American educational Research Association.

Herrington, A., Jan. H, Len. S & R. Oliver. 1998. Learning to Teach and Assess Mathematics Using Multimedia: A Teacher Development Project. Journal of Mathematics Teacher Education 1: 89-112.

Mariani, Scolastika dan Wardono. et al. 2014. The Effectiveness Of Learning By PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability In Grade VIII On Geometry Subject Matter. Vol. 2. No. 8.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sakinah Komara, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (kuasi eksperimen di MTs N 22JakartaTimur)”.http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/21590/20/10/2013.

Simamora, I.G. 2014. Bahan Ajar In House Training(IHT) Pengembangan Kompetensi Widyaiswara PPPPTK Medan : Membuat Presentasi Menggunakan Prezi. Medan: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin Robert, E. 2010. Cooperative Learning: Applying Contact Theory in Desegrated Schools. Journal of Social Issues. Vol. 41 Issue 3: 45-62.

Sudjana. 2008 . Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Ramaja Rosdakarya.h.22.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. h. 155

Sulaiman, Fauziah. 2013. The Effectineness Of PBL Online On Physics Students’ Creativity and Critical Thinking: A Case Study At Universiti Malaysia Sabah.Vol.1.No.3.

Suprijono, Agus.2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.