EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN STAD BERBANTUAN FINDING MY SECRET WORD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Vifta Devarosary, Nizaruddin Nizaruddin, Noviana Dini Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui:(1) Perbedaan efektivitas antara model pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT  berbantuan Finding My Secret Word,model pembelajaran STADberbantuanFinding My Secret Worddan model pembelajaran konvensionalterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis;(2) Modelpembelajaran TGTberbantuan Finding My Secret Wordmempunyai hasil lebih baikdarimodel pembelajaran konvensionalterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis;(3)ModelpembelajaranSTADberbantuan Finding My Secret Wordmempunyai hasil lebih baik dari model pembelajaran konvensionalterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis;(4)Efektivitas antara model pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran TGTberbantuan Finding My Secret Wordsama baiknya dengan model pembelajaran STADberbantuan Finding My Secret Wordterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis;(5)Pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunkan model pembelajaran TGTberbantuan Finding My Secret Word, dan model pembelajaran STADberbantuanFinding My Secret Word;(6)Kemampuanpemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran TGTberbantuan Finding My Secret Worddanmodel pembelajaran STADberbantuan Finding My Secret Wordmencapaiketuntasan secara individual maupun klasikal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data  dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan:(1)Terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGTberbantu Finding My Secret Word,model pembelajaran STADberbantuFinding My Secret Word dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis;(2) Pembelajaran TGTberbantuFinding My Secret Wordmempunyai hasil lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis;(3)Pembelajaran STADberbantu Finding My Secret Wordmempunyai hasil lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis;(4)Efektivitas antara model pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran TGTberbantu Finding My Secret Wordsama baiknya dengan model pembelajaran STADberbantu Finding My Secret Wordterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis;(5)Terdapat pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunkn model pembelajaran TGT berbantu Finding My Secret Worddanmodel pembelajaran STADberbantu Finding My Secret Word;(6)Kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran TGTberbantu Finding My Secret Word dan model pembelajaran STADberbantu Finding My Secret Word mencapai ketuntasan secara individual maupun klasikal.

Keywords


TGT ; STAD; Finding My Secret Word; Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Adinawan, M. Cholik. (2014). “Matematika Untuk SMP/Mts Kelas VII”. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Amirullah, SE.,M.M. (2015). “Populasi Dan Sampel”. Malang: Banyumedia Publising Malang.

Aningsih, Yuli. (2018). “Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Dan Stad Berbantu E-Modul Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis” . Semarang: Universitas PGRI SEMARANG.

Annisatul Mufarokah. (2013). “Strategi Dan Model-Model Pembelajaran”. Tulungagung : Stain Tulungagung Press, hlm.113

Arifin,Zaenal. (2009). “Evaluasi Pembelajaran”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2013). “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara

Asy’ari, Nonong Rahimah. (2017). “Pembelajaran Teams Games Tournaments (Tgt) Dengan Metode Discovery Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas X Sma Darul Hijrah”. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol 3, No. 1, (https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/116, diakses 13 Maret 2019)

Aziz, Abdul.Yessy Yusnita. (2017). “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT Terhadap Hasil belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 106 – 114. Dari: http://www.journal.unrika.ac.id. (Diakses 13 Maret 2019)

Budiyono. 2016. “Statistika Untuk Penelitian”. Surakarta: UNS Press

Dudeja, Ved dan V. Madhavi. 2014. “Jelajah Matematika SMP kelas VII”. Jakarta: Yudistira

Daulae, Tatta Hermawati. (2014). “Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif”. Jurnal Kependidikan, Vol. 06, No. 02. Dari: Jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id. (diakses pada 29 April 2019).

Dwijayanti, ida. (2015). “Efektifitas Kelas Humanik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Karakteristik Peserta Didik. E-Journal Universitas PGRI Semarang.

Edina T. Sofia. (2014). “Bermain Game Di Sekolah”. Jakarta Barat: Permata Puri Media.

Ertikanto,Chandra M.Pd. (2016). “Teori dan Pembelajaran”. Yogyakarta: media akademi.

Huda, Miftahul. (2017). “Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran”. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Jainuri, M. (2014). “Model Pembelajaran Konvensional”. Jurnal Kependidikan. Dari: https://www.academia.edu, (Diakses 24 Maret 2019).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). “Matematika SMP/MTS Kelas VII”. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. (2013). “Analisis Data Penelitian Dengan Statistik”. Jakarta: Bumi Aksara.

Nariswari, R., & Nila Kurnia. (2014). “Peningkatan Keaktifan Masalah Dan Keterampilan Belaja r Matematika Menggunakan Strategi Bermain Jawaban Berbantu Finding My Secret Word”. Jurnal Pendidikan Matematika., 186-187

Nikmah, Ulin. (2018). “Efektivitas Model Pembelajaran Cognitive Growth Dan Model Pembelajaran Problem Based Intruction Berbantuan Mind Maping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika, 4-7.

Putra, Harry, dkk .(2018) . “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 82-90.

Polya, G. (1973). “How To Solve It, Secon Edition”. Princeton University Press, Princeton, New Jersey.

Rusman. (2012). “Model-Model Pembelajaran”. Depok : Raja grafindo Persada.

Siregar, Tanti Jumaisyaroh. (2017). “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Percut Sei Tuan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD”. Jurnal Matematika Pedagogik, Vol II. No. 1.

Sudjana. (2005). “Metode Statistika Bandung”. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: ALFABETA

Sunhaji. (2009). “Strategi Pembelajaran”. Purwokerto : STAIN Purwokerto Press.

Suhana, cucu. (2014). “Konsep Strategi Pembelajaran”. Bandung: Refika Aditama

Suparno, Miyanto, dan Anna Yuni Astuti. (2016). “Matematika”. Klaten: Intan Pariwara




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i4.5880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.