EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMK

Puspandaru Aryani Syafitri, Aurora Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Concept Attainment dan Mind Mapping berbantuAdobe Flash CS6 terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika SMK. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang tahun pelajran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga didapat tiga kelas secara acak. Data diperoleh melalui hasil tes soal uraian kemudian diolah dan diuji dengan uji ANAVA, uji Scheffe’, uji ketuntasan belajar, dan uji regresi linear sederhana. Data hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Concept Attainment,Mind Mapping berbantu Adobe Flash CS6, dan model Konvensional,(2) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Concept Attainment berbantu Adobe Flash CS6lebih baik dari siswa yang menggunakan model Konvensional, (3) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Mind Mapping  berbantu Adobe Flash CS6lebih baik dari siswa yang menggunakan model Konvensional, (4) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan modelConcept Attainmentberbantu Adobe Flash CS6dengan model Mind Mapping  berbantu Adobe Flash CS6, (5) kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan modelConcept Attainmentberbantu Adobe Flash CS6dan Mind Mapping  berbantu Adobe Flash CS6 mencapai KKM, (6) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Concept Attainmentberbantu Adobe Flash CS6dan model Mind Mapping berbantu Adobe Flash CS6.

Keywords


: Efektivitas; Model Concept Attainment; Mind Mapping; Pemahaman konsep; Adobe Flash CS6

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Hartika Agustri. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 8 Padang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumatra Barat.

Huda, Miftahul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kiswandi. 2013. Studi Komparasi antara Pembelajaran Concept Attainment dan Model Pembelajaran Cognitive Growth Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP 4 Gringsing Pada Materi Pokok Segi Empat. Unnes Journal Of Mathematics Education. UJME 2 (3). 15-20

Putri, Dini Palupi. 2017. Model pembelajaran Concept Attainment Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Tatsqif Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan,Vol. 15 No. 1, Juni 2017.

Rasiman, dkk. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Concept Attainment dan Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Lectora Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Universitas PGRI Semarang.

Sutrisno, S., Sudargo, S., & Titi, R. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. JIPMat, 4(1).

Wowiling, Yoppy X. dkk. 2014. Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Universitas Negeri Gorontalo: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.6118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.