Pengaruh Gaya Belajar, Waktu Pembelajaran dan Suasana Kelas Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa

Farich Akbar, Sudargo Sudargo, Dewi Wulandari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survey yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Belajar, Waktu Pembelajaran dan Suasana Kelas terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa di SMA Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stuctural Equation Modeling. Variabel laten dalam penelitian ini adalah Gaya Belajar (X1), Waktu Pembelajaran (X2), Suasana Kelas (X3) dan Motivasi Belajar Matematika Siswa (Y1) sedangkan variabel teramati dalam penelitian ini adalah semua indikator dari masing-masing variabel laten. Penentuan sampel menggunakan tekanik purposive samplingi yang melibatkan 351 siswa sebagai sampel. Dalam penelitian diperoleh model yang baik dengan menghapus 23 variabel teramati dan melakukan penambahan kovarian diantara dua variabel teramati. Estimasi dilakukan sebanyak 4 kali yang dapat disimpulkan bahwa gaya belajar dan suasana kelas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa sedangkan waktu pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa. Model menunjukkan parameter koefisien pengaruh sebesar -0,09 untuk gaya belajar terhadap motivasi belajar matematika siswa, 0,22 untuk waktu pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa dan 0,12 untuk suasana kelas terhadap motivasi belajar matematika siswa. Dari hasil estimasi juga dapat disimpulkan bahwa gaya belajar, waktu pembelajaran dan suasana kelas memiliki pengaruh yang sigifikan sebesar 8,8% terhadap motivasi belajar matematika siswa.

Keywords


Gaya Belajar; Waktu Pembelajaran; Suasana Kelas; Motivasi Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, A. W. (2007). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hengky Latan & Gundono. (2013). SEM-Structural Equation Modeling Aplikasi Software TETRAD IV. Yogyakarta: BPFE.

M. Nur Ghufron & Rini Risnawita, S. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sunu, I. G. (2015). Manajemen Kelas; Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran di Pendidikan Formal. Yogyakarta: Media Akademi.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i4.6123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.