PENGARUH MODEL PROBLEM BASSED LEARNING (PBL) BERBANTU GEOGEBRA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL PADA MATERI DIMENSI TIGA

Amalia Handayani, Sunandar Sunandar, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi dengan pentingnya motivasi belajar dan kemampuan spasial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui apakah kemampuan spasial siswa menggunakan model Problem Based Learningberbantu geogebra lebih baik daripada kemampuan spasial siswa menggunakan model  konvensional pada materi dimensi tiga; (2) Mengetahui pada katagori  motivasi belajar siswa manakah yang lebih baik antara tinggi, sedang dan rendah; (3) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar; (4) Mengetahui pada model Problem Based Learningmanakah yang lebih baik antara motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah; (5) Mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada materi dimensi tiga; (6) Mengetahui apakah pada motivasi belajar tinggi, kemampuan spasial siswa dengan model Problem Based Learning lebih baik daripadamodel model pembelajaran konvensional; (7) Mengetahui apakah pada motivasi belajar sedang, kemampuan spasial siswa dengan model Problem Based Learning lebih baik daripadamodel model pembelajaran konvensional; (8) Mengetahui apakah pada motivasi belajar rendah, kemampuan spasial siswa dengan model Problem Based Learning lebih baik daripadamodel model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII. Melalui cluster random samplingterpilih sampel penelitian yaitu X MM sebagai kelas eksperimen dan kelas XII TKR sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan spasial menggunakan model Problem Bassed Learning ataupun model Konvensional. (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan pada kategori motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Problem Bassed Learning ataupun model Konvensional terhadap kemampuan spasial. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar. Sehingga dengan model pembelajaran dan kategori motivasi manapun sama baiknya.

Keywords


Problem Based Learning; Motivasi Belajar; GeoGebra; dan Kemampuasn Spasial.

Full Text:

PDF

References


Lohman, D. F. 1993. Spatial ability and G. Paper presented at the first spearman

Chamidah, Amalia. 2008. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 14 Surabaya dalam Menyelesaikan Soal dengan Materi Jarak pada Dimensi Tiga. Tesis yang tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Listyanto, Anggoro Dwi& Munadi, Sudji.2013.pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, vol 3, no 3. Yogyakarta: SMK Negeri Tepus Gunungkidul & Universitas Negeri Yoyakarta

Liu, Min. (2005). Motivating Students Through Problem-based Learning. Presented at The Annual National Educational Computing Conference (NECC), Philadelphia, PA, June.

Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra.

Wina Sanjaya. 2010. Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno, Hamzah. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. Bumi Aksara.

Zulaikha, Siti. 2016. Dampak Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Sugiarni,dkk. 2018. Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis dengan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning (PBL) Berbantu Geogebra. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i4.6124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.