Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar

Farisha Nur Hidayah, Widya Kusumaningsih, Dina Prasetyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linier yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Berpikir kritis merupakan salah satu hal penting yang harus dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Pati yang terdiri dari enam siswa, dua siswa dengan gaya belajar visual, dua siswa dengan gaya belajar auditori, dan dua siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir kritis lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditori.


Keywords


Berpikir Kritis;Soal Cerita;Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif . Jakarta: Raja Grafindo.

Ariffin, I., Solemon, B., Din, M. M., & Anwar, R. M. (2014). Learning Style And Course Performance: An Emperical Study Of Uniten IT Students. International Journal of Asian Social Science, 4(2), 208-216.

Deporter, Hernaki. (2015). Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critcal Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Emeritus Proffesor: University of Illinois.

Firdaus, Kailaani, I., Bakar, M. N., & Bakry. (2015). Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Juornal of Education and Learning, 9(3), 226-236.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Komariah, A., & Satori, D. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 175-179.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatf. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, III(2), 155-158.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016, April). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi UNDIP, 15(1), 56-63.

Perkins, C., & Murphy, E. (2006). Identyfying and measuring individual engagement in critical thinking in online discussion: An exploratory case study. Education technology & Society, 9(1), 298-307.

Puspita, M. D. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika.

Putranti, S. D., & Prahmana, R. C. (2018). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematka Berbasis Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 86-97.

Rasiman. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realstik.

Rindyana, B. S., & Chandra, T. D. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman.

Snyder, L. G., & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, L, 90-99.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhaedi, D. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis, Berpikir Aljabar, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realisik. Disertasi.

Wawan, Thalib, A., & Djam'an, N. (2017). Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Issues in Mathematic Education, 101-106.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.