Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA berdasarkan gender pada materi trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas XI SMA Takhasus Alquran tahun ajaran 2019/2020 berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dilengkapi dengan dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi metode dengan membandingkan hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara siswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan cenderung belum mampu mengidentifikasi sifat-sifat atau konsep. Selain itu, untuk siswa perempuan juga belum mampu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science).
Ghazali, N. H., & Zakaria, E. (2011). Student's Procedural and Conceptual Understanding of Mathematics. Australian Journal of Basic and Applied Sciences.
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1 Tukka. MES (Journal of Mathematics education and Science).
Kurniasi, E. R. (2016). PROFIL PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN. Jurnal Prima.
MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender.
Nepal, B. (2016). Impact of Gender and Location on Mathematical Thinking and Mathematics Achivement. Journal of Advances Academic Research (JAAR).
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
Nurhayati, D. M., & Hartono. (2017). Implementation of Cooperative Learning Model Type STAD with RME Approach To Understanding of Mathematical Concept Student State Junior High School in Pekanbaru. AIP Conference Proceedings. AIP Publishing.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Umar, M., Sumaila, Yusuf, M., & Bello. (2018). Gender, Interest, and School Types as Predictors of Academic Achivement in Trigonometry Amon Secondary School Students in Kano State, Nigeria. ATBU, Journal of Science, Technology & Education (JOSTE).
Zhu, Z. (2007). Gender Differences in Mathematical Problem Solving Patterns : A Review of Literature. International Education Journal.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.