Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Illyuna Rizki Ardianingtyas, Sunandar Sunandar, Ida Dwijayanti

Abstract


Kemampuan berpikir kritis matematika merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi siswa. Penelitian ini membahas tentang kemampuan memecahkan masalah siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Diskriptif dengan subjek penelitian enam siswa kelas VII-C dari SMP Kesatrian 2 Semarang yang terbagi menjadi kemampuan tinggi, sedang, rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan data tes yang dikerjakan oleh siswa yang memiliki kemampuan berbeda. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, data penyajian, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (a) untuk siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, dapat memenuhi indikator berpikir kritis FRISCO dengan baik., (b) untuk siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sedang, dapat memenuhi indikator berpikir kritis FRISCO namun pada indikator Inference, Situation, dan Clarity kurang tepat dalam pemenuhannya, serta (c) untuk siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah, tidak dapat memenuhi indikator berpikir kritis FRISCO dengan baik. Siswa yang berkemampuan pemecahan masalah rendah adalah siswa fokus memahami soal tetapi dalam pengerjaan soal tidak tepat, siswa tidak memberikan alasan penggunaan strategi dalam menyelesaikan soal, siswa tidak dapat memberikan simpulan sementara. siswa menyelesaikan soal tetapi tidak benar, siswa tidak memberikan contoh masalah yang sama dengan soal yang diberikan, siswa tidak mengecek jawabannya dan peneliti sudah menganalisisnya.

Keywords


deskriptif; berpikir kritis; pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Standar Isi Mata Pe¬lajaran Matematika Tingkat Seko¬lah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dwijayanti, I., Utami, R. E., & Budiman, M. A. (2017). Profil Kesadaran Belajar Mahasiswa Berkemampuan Pemecahan Masalah Tinggi Pada Matakulian Analisis. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 11(1).

Fristadi, R., dan Haninda, B. (2015) “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning” Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015, ISBN. 978-602-73403-0-5, hal 597-602.

Kowiyah, “Kemampuan Berpkir kritis” Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 5,

Novita, D. (2012). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Tingkat IQ . Gamatika, Volume 03 Nomor 1, hal 1-9.

Nugroho, A. A., & Dwijayanti, I. (2016). Proses Berpikir Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Metakognitif Awal Dalam Pemecahan Masalah Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(1).

Somakim. (2011). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matema¬tis Siswa Sekolah Menengah dengan Penggunaan Pendidi¬kan Matematika Realistik”. Jur¬nal Forum MIPA, Vol. 14, No. 1, Januari 2014, hal 42-48

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sukarno, A., Dwijayanti, I., & Harun, L. (2014). Pemecahan Masalah Penyimpangan Budaya melalui Pendidikan dengan Perencanaan Pembelajaran Berorientasi Socio Humanism Berbantu Website. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2/september).

Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, ISSN: 2356-3915 Vol 1 No 2 Tahun 2015, hal 41-51.

Syahbana, A. (2012). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning”. Edumatica, ISSN: 2088-2157 Volume 02 Nomor 01 April 2012, hal 45-57.

Wardani, A. K. (2014) “Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin (Ability of Problem Solving from Diferences Of Sex)” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Vol.2, No.1, Maret 2014 ISSN: 2337-8166




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.