Keefektifan Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Tabany, T.I.B. (2014). Mendesain model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual. Jakarta: Prenamedia Group.
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pemebelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arends, R.I. (2012). Learning To Teach (9th ed.). New York: Mc Graw-Hill, Companies, Inc
Barrett, T. & Cashman, D. (2010). A Practitioners’ Guide to Enquiry and Problem-based Learning. Dublin: UCD Teaching and Learning.
BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Caroll, J. B. (1963). A model of school learning.Teachers college record. 64: 723-733.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48
Dewi, M.O. (2015). Keefektifan Model Time Token (Tanda Waktu) Dan Talking Stick (Tongkat Berbicara) Pada Pembelajaran Ketrampilan Berbicara Berdasarkan Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP. ISSN: 2301-6744.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/6854
Guskey et al. (1983). The Effectiveness of Mastery Learning Strategies in Undergraduate Educations Courses. Jurnal of Educational Research, vol.76, No. 4, 210-214
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Handayani, P. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII B SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Jusmawati,dkk. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 11 Makassar.(Online), Daya Matematis Volume 3 Nomor 1 Maret 2015.
Mahfud, C. (2015). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Meliyani. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
SMK. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.
OECD. (2013). PISA 2015: Draft Collaborative Problem Solving Framework. Tersedia di http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft%20PISA%202015%20Coll aborative%20Problem%20Solving%20Framework%20.pdf [diakses 03 Februari 2019].
Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). New Jersey: Princeton University Press.
Rosa, M. & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54.
Sepdoni, R. (2013). Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 3
Malinau Barat pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadajarya.
Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar & Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa metode Pendukung, dan beberapa komponen layanan khusus. Jakarta: Rineka Cipta.
Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika berbasis Budaya Lokal sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, A., A.A. Wedaring T., B. Sani. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wardhani, S., Sapon S.P., & Endah W. (2015). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran : Landasan & Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.