Keefektifan Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII

Lutfi Hadi Saputro, Sunandar Sunandar, Widya Kusumaningsih

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah dalam matematika merupakan hal penting bagi peserta didik untuk menerapkan keterampilan pemecahan masalah di situasi sosial. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk mengasah kemampuan pemecahan masalah antara lain model pembelajaran Problem Based Learning berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) penerapan model PBL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik efektif; (2) bagaimana keterampilan proses peserta didik kelas VII pada pembelajaran model PBL berbasis etnomatematika. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Mardisiswa 1 Banyumanik Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan menggunakan cluster random sampling  diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen (model Problem Based Learning berbasis Etnomatematika) dan kelas VII D sebagai kelas kontrol (model konvensional dengan metode ceramah).Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran PBL dan konvensional, ditunjukkan pada uji Anava bahwa F_(hitung ) 11,6399 >F_tabel  2,01, (2) rata-rata hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, ditunjukkan pada uji t satu pihak bahwa t_hitung 3,412>t_tabel 2,02, (3) ketuntasan belajar individu pada kelas eksperimen adalah 24 siswa, sedangkan pada kelas kontrol 18 siswa, (4) ketuntasan belajar klasikal pada kelas eksperimen mencapai 82,14%, dan pada kelas kontrol mencapai 64,29%, (5)ada korelasi antara keaktifan siswa pada penggunaan model pembelajaran PBL, ditunjukkan pada uji korelasi bahwa r_hitung  0,89855518>r_tabel  0,320, diperoleh r^2=0,80740141 menunjukkan hasil belajar siswa 80,74% ditentukan oleh model pembelajaran PBL yang diterapkan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Etnomatematika lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dengan metode ceramah.

Keywords


model pembelajaran problem based learning; etnomatematika; pemecahan masalah matematis

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T.I.B. (2014). Mendesain model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual. Jakarta: Prenamedia Group.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pemebelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arends, R.I. (2012). Learning To Teach (9th ed.). New York: Mc Graw-Hill, Companies, Inc

Barrett, T. & Cashman, D. (2010). A Practitioners’ Guide to Enquiry and Problem-based Learning. Dublin: UCD Teaching and Learning.

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Caroll, J. B. (1963). A model of school learning.Teachers college record. 64: 723-733.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48

Dewi, M.O. (2015). Keefektifan Model Time Token (Tanda Waktu) Dan Talking Stick (Tongkat Berbicara) Pada Pembelajaran Ketrampilan Berbicara Berdasarkan Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP. ISSN: 2301-6744.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/6854

Guskey et al. (1983). The Effectiveness of Mastery Learning Strategies in Undergraduate Educations Courses. Jurnal of Educational Research, vol.76, No. 4, 210-214

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Handayani, P. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII B SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Jusmawati,dkk. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 11 Makassar.(Online), Daya Matematis Volume 3 Nomor 1 Maret 2015.

Mahfud, C. (2015). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meliyani. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

SMK. Skripsi. Medan: Universitas Negeri Medan.

OECD. (2013). PISA 2015: Draft Collaborative Problem Solving Framework. Tersedia di http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft%20PISA%202015%20Coll aborative%20Problem%20Solving%20Framework%20.pdf [diakses 03 Februari 2019].

Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). New Jersey: Princeton University Press.

Rosa, M. & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54.

Sepdoni, R. (2013). Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 3

Malinau Barat pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosadajarya.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar & Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah: Wawasan Baru, Beberapa metode Pendukung, dan beberapa komponen layanan khusus. Jakarta: Rineka Cipta.

Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika berbasis Budaya Lokal sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika tanggal 9 November 2013 di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, A., A.A. Wedaring T., B. Sani. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardhani, S., Sapon S.P., & Endah W. (2015). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran : Landasan & Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.