Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Teori Apos pada Materi Barisan Geometri di Kelas XI SMA Negeri 1 Godong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman konsep pada materi barisan geometri kelas XI bagi siswa yang berkemampuan tinggi berdasarkan teori APOS, (2) pemahaman konsep pada materi barisan geometri kelas XI bagi siswa yang berkemampuan sedang berdasarkan teori APOS, (3) pemahaman konsep pada materi barisan geometri kelas XI bagi siswa yang berkemampuan rendah berdasarkan teori APOS. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dibantu dengan tiga intstrumen bantu yaitu tes tertulis, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Subjek penelitian dipilih dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode tes untuk menentukan subjek, selanjutnya metode wawancara yang telah dipilih sesuai dengan tingkat pemahaman siswa berdasarkan teori APOS. Teknik pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan triagulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada materi barisan geometri bervariasi yakni pada tahap aksi, proses, objek, dan skema. Subjek penelitian berkemampuan tinggi (SPBT) memiliki pemahaman konsep pada tahap aksi, proses, dan skema. Subjek penelitian berkemampuan sedang (SPBS) memiliki pemahaman konsep pada tahap aksi dan skema. Sedangkan, subjek penelitian berkemampuan rendah (SPBR) memiliki pemahaman konsep pada tahap aksi. Ketiga subjek pada materi barisan geometri sama-sama memiliki pemahaman pada tahap aksi. Adapun indikator pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan teori APOS yang belum dilakukan siswa adalah pada tahap objek, kebanyakan siswa belum mampu menjelaskan sifat atau ciri-ciri karakteristik pada soal yang diberikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitriana, L. (2013). Analisis Pemahaman Siswa Mengenai Konsep Limit Fungsi Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Kognitif (Field Dependent dan Field Independent) di Kelas XI IPA 2 MAN Rejotangan Tahun 2012/2013. 1–120. Jurnal Pendidikan Matematika (Online), Tulungagung: Program Studi Tadris Matematika, jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Tulungagung.
Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hanifah. (2016). Model APOS Inovasi Pada Pembelajaran Matematika. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu.
Jumriati. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Berdasarkan Teori APOS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (Online).
Khairani, N. (2008). Pembelajaran Matematika Menggunakan teori APOS di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIGMA (Online), Vol. 1, hlm. 47–55, diakses 5 November 2019.
Lestari, N. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Barisan Dan Deret Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme) di Kelas XI SMK Muhammadiyah Kartasura. Jurnal Pendidikan Matematika (Online).
Mas’Udah, U., Surahmat, & Nursit, I. (2019). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTS AL-IHSAN. Jurnal Pendidikan Matematika (Online), Vol. 14, No. 2, hal. 291–299.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika (Online), Vol. 4, No. 1, hal. 76–85.
Moleong, Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2011). Teori APOS dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Matematika (Online), Vol. 1, No. 1, hal. 1–9.
Natali, S. S., Sujatmiko, P., & EkanaChrisnawati, H. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), Vol. 1 No. 5, hal. 104–117.
Ningsih, S. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Smp Swasta Tarbiyah Islamiyah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, Vol. 3, No. 1, hal. 82–90.
Nurdin, L. (2003).Analisis Pemahaman Siswa Tentang Barisan Berdasarkan Teori APOS (Action, Process, Object, Scheme), Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika.
Rahayu, S. (2012). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. 1-85. Jurnal Pendidikan Matematika (Online).
Rahma, F., Helma, & Syarifudin, H. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 BATIPUH. Vol. 3, No. 1, hal. 18–22.
Sholikhan, S. (2017). Understanding Concepts Through Inquiry Learning Strategy. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), Vol. 07, No. 01, hal. 97–102.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: CV Alfabeta.
Sunandar. (2016). Penilaian Hasil Pembelajaran. Ristekdikti.
Suyitno, H. (2017). Pengantar Filsafat Matematika. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.