Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Berbantu Funny Worksheet Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Lela., Siroj, A., Ilma Ratu. (2010). Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-44.
Dewi, Rosmala. 2014. Penelitian tindakan kelas. Medan: Pasca Sarjana Unimed.
Fatimah, Fitia. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.
Fitria, Intan., & Lestari, Puji. (2017). Efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing dan problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(6), 77-86.
Kharista, Yana., Tri, Antonius & Subroto, Tjahyo. (2012). Pengaruh model problem based instruction berbantuan funny worksheet terhadap hasil belajar. Jurnal UNNES, 2(1), 62-68.
Mulyasa. (2004). Menjadi guru professional menciptakan pelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Oktafoura, Suminar., & Intansari, Meilani. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap prestasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 80-89.
Rochani, Sri. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273-283.
Setyorini, U., Sukiswo, S & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 52-56.
Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.
Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutirman. 2013. Media dan model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Ubaidah, N & Aminudin, M. 2018. Penerapan Guided Discovery Learning berbantuan shapes doll terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika,1(1), 11-31
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.