Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Berbantu Funny Worksheet Terhadap Hasil Belajar Matematika

Giza Yasinta, Muhtarom Muhtarom, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwungu. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII D eksperimen 1, kelas VIII E eksperimen 2, VIII F kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji anava satu arah, uji scheffe’, dan regresi linier sederhana. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Funny Worksheet, Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet dan model pembebelajaran konvensional. (2) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Funny Worksheet lebih baik daripada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvesional. (3) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet lebih baik daripada siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvesional. (4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Funny Worksheet dengan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet. (5) terdapat pengaruh positif antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Funny Worksheet. (6) terdapat pengaruh positif antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Guided Discovery berbantuan Funny Worksheet

Keywords


Problem Based Learning; Guided Discovery; Funny Worksheet; hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Lela., Siroj, A., Ilma Ratu. (2010). Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-44.

Dewi, Rosmala. 2014. Penelitian tindakan kelas. Medan: Pasca Sarjana Unimed.

Fatimah, Fitia. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.

Fitria, Intan., & Lestari, Puji. (2017). Efektivitas model pembelajaran penemuan terbimbing dan problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(6), 77-86.

Kharista, Yana., Tri, Antonius & Subroto, Tjahyo. (2012). Pengaruh model problem based instruction berbantuan funny worksheet terhadap hasil belajar. Jurnal UNNES, 2(1), 62-68.

Mulyasa. (2004). Menjadi guru professional menciptakan pelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Oktafoura, Suminar., & Intansari, Meilani. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap prestasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 80-89.

Rochani, Sri. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273-283.

Setyorini, U., Sukiswo, S & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 52-56.

Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutirman. 2013. Media dan model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ubaidah, N & Aminudin, M. 2018. Penerapan Guided Discovery Learning berbantuan shapes doll terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika,1(1), 11-31




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.