Efektivitas Model Pembelajaran Time Token terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gembong

Hilal Haidar, Djoko Purnomo, Aryo Andri Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada pembelajaran dengan pengaruh positif model Time Tokenmencapai KKM, untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara motivasi belajar kelas eksperimen dan motivasi belajar kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode anava dua jalur. Hasil penelitian ini terdapat hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan model Time Token yang mencapai di atas KKM, hal ini ditunjukkan melalui hasil  uji ketuntasan yang diperoleh 70% untuk kelas control sedangkan 93% untuk kelas eksperimen. Kedua terdapat korelasi positif motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji korelasi yang diperoleh dengan nilai signifikansi 0.006<0.05 (5%). Ketiga terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara motivasi belajar kelas eksperimen dan motivasi belajar kelas kontrol.

Keywords


Motivasi Belajar; Kemampuan Pemecahan Masalah; Model Pembelajaran Time Token

Full Text:

PDF

References


Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA,Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 151–160.

Carson, J. (2007). A Problem With Problem Solving: Teaching Thingking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator Journal, 17 (2), 7-14.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Polya, G. (1973). How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Soegeng, A. Y. (2006). Dasar-Dasar Penelitian. Semarang IKIP PGRI Press.

Uno, H., B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT BumiAksara.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.