Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif

Ika Ayu Oktaviani, Lilik Ariyanto, Rizky Esti Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan kognitif impulsif pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 39 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dilengkapi dengan dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Overview), sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif hanya dapat memenuhi dua dari enam indikator yaitu Focus dan Reason

Keywords


Analisis; Berpikir Kritis; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

References


Bassey, S. W., Umoren, G., & Udida, L. (2009). Cognitive Styles Secondary School Students' Attutude Academic Performance Chemistry In Akwa Ibom State-Nigeria. 1-8.

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketrampilan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma, 8(1), 50-64.

Fadiana, M. (2016). Perbedaan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita antara Siswa Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 1(1), 79-89.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Fridianianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Aksioma, 9(1), 11-20.

Kristihana, O.,& Ratu, N.(2018). Deskripsi Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar Pada Siswa SMP Kelas VIII.Genta Mulia,IX(2), 150-161.

Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Ketrampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Pendidikan, 28(2), 136-142.

Rozencwajg, P., & Carroyer, D. (2005). Cognitive Processes in the Reflective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, 166(4), 451-463.

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar (pp. 439-444). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Warli. (2009). Proses Berpikir Anak Reflektif dan Anak Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Paedagogi, 5.

Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(2), 190-201.

Wati, D. A., Ariyanto, L., & Sutrisno. (2018). Efektivitas Antara Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 12-25.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.