Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dan Problem Solving Berbantu CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Soal Cerita

Tri Rahayu Ningsih, Widya Kusumaningsih, Achmad Buchori

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dan Problem Solving berbantuan CD Interaktif terhadap kemampuan pemahaman soal cerita matematika, terdapat atau tidak perbedaan  kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara penerapan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI), model pembelajaran Problem Solving dan pembelajaran Konvensional dengan metode ceramah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pakis Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan menggunkan cluster random sampling diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1(pembelajaran dengan model SAVI berbantu CD Interaktif), VIII B sebagai kelas eksperimen 2 (pembelajaran dengan model Problem Solving berbantu CD Interaktif) dan VIII C sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional dengan metode ceramah). Hasil analisis yang diperoleh bahwa ketiga kelas berdistribusi normal, homogen, dan uji anava diperoleh yaitu  yang artinya terdapat perbedaan kemampuan pemahaman soal cerita matematika antara ketiga kelas. Pada uji hipotesis kelas eksperimen 1 dengan kelas kontrol diperoleh yaitu 3,205 > 1,699 dan uji hipotesis kelas eksperimen 2 dengan kelas kontrol diperoleh yaitu 3,309>1,697 maka Ho ditolak. Untuk uji hipotesis kelas eksperimen 1 dengan eksperimen 2 diperoleh yaitu 0,212 < 1,695 maka Ho diterima. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) berbantuan CD Interaktif dan model pembelajaran Problem Solving berbantuan CD Interaktif lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional dengan metode ceramah.


Keywords


model pembelajaran SAVI (Somatis Auditori Visal Intelektual); model pembelajaran Problem Solving; media CD Interaktif; kemampuan pemahaman soal cerita matematika.

Full Text:

PDF

References


Asikin, M. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMA Kelas X. Lembaran Ilmu Kependidikan, 37(1).

Blum, W., & Niss, M. (1991). Applied mathematical problem solving, modelling, applications, and links to other subjects—State, trends and issues in mathematics instruction. Educational studies in mathematics, 22(1), 37-68.

Dapa, A. N., Muchtar, H., & Syahrial, Z. (2019, February). SAVI Learning Model for Students with Reading Difficulties. In 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018). Atlantis Press.

Dewi, Sari Kusuma; Suarjana, I. Made; Sumantri, Made. (2014). Penerapan model polya untuk meningkatkan hasil belajar dalam memecahkan soal cerita matematika siswa kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2.1.

Farokhah, L., Arisetyawan, A., & Jupri, A. (2017). The Effect of Ethnomathematics-Based Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually) Approach on Mathematical Communication Skill on Geometry in Elementary School. International E-journal of Advances in Education, 3(9), 534-543.

Gazali, Rahmita Yuliana. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2.3: 181-190.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar.(2008). Bandung.CV Pustaka Setia, 2008.

Herawaty, D., & Widada, W. (2017). The influence of contextual learning models and the cognitive conflict to understand mathematical concepts and problems solving abilities. In 1st Annual International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICoMSE 2017). Atlantis Press.

Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Jambi : Prosiding Semirata 2013, 1(1).

Isnaini, Ummu.(2012).Efektivitas Penggunaan Media CD Interaktif terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA padaMateri Pokok Lingkungan Fisik Peserta Didik Kelas IV SD Islam Al-Azhar 14 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012.PhD Thesis.IAIN Walisongo.

Kertiasih, Ni Ketut. (2012).Pengembangan CD Interaktif Listrik Statis dan Listrik Dinamis sebagai Media dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Prosiding APTEKINDO, 6.1.

Khasanah, U. (2015). Kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa SMP.

Komariah, K. (2011). Penerapan metode pembelajaran problem solving model polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 1).

Kusumaningsih, Widya; Sutisno, Sutrisno; Hidayah, Fiki. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Savi dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3.2: 197-206.

Lesh, R. E., & Doerr, H. M. (2003) . Beyond constructivism: Models and modeling perspectives on mathematics problem solving, learning, and teaching. Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Mariya, D., Zaenuri, Z., & Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan pembelajaran model pembelajaran SAVI berbantu alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2).

Meier, D. (2000). The Accelerated Learning Handbook: A Creative Guide to Designing and Delivering Faster, More Effective Training Programs. McGraw Hill Professional.

Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 267-275.

Siagan, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students' Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331-340.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.