Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif

Nenny Kusuma Wardhani, Rasiman Rasiman, Dewi Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Keling Jepara tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, dan dilengkapi dengan dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif Field Independent mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview), sedangkan siswa dengan gaya kognitif Field Dependent hanya dapat memenuhi dua dari enam indikator yaitu Focus dan Reason.


Keywords


Analisis; Berpikir Kritis; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

References


Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 Di SD. Universitas Negeri Jakarta, (pp. 439-444).

Hassoubah, Z. I. (2008). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis.

Sari, T. A., Rasiman, & Buchori, A. (2019, Agustus). Proses Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 283-291.

Kurniasih, A. W. (2010). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Tesis.

Johnson, E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning : what it is and why it's here to stay. Bandung.

Polya, G. (1973). How To Solve It : A New Aspect of Mathematical Method.

Vendiagrys, L., Junaedi, I., & Masrukan. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Jurnal Matematika, 34-41.

Nisa', R. (2016, Januari). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya kognitif Dan Kemampuan Matematika. Jurnal Apotema, 2(1), 66-76.

Rasiman, & Asmarani, F. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah, 1(2), 195-201.

Fajari, A. F., Kusmayadi, T. A., & Iswahyudi, G. (2013). Profil Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent-Independent Dan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika , 639-648.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ennis, R. H. (2011, Mei). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities.

Paul, R. W., & Elder, L. (2002). Critical Thinking : Tools for Taking Charge of Your Professional and Personal Life. Financial Times Prentice Hall.

Rasiman. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Aksioma.

Damayanti, D. P., & Khabibah, S. (2018). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(ISSN : 2301-9085).

Kristihana, O., & Ratu, N. (2018, Juli). Deskripsi Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar Pada Siswa SMP Kelas VIII. volume IX No.2, 150-162.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.