Studi Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision dan Two Stay Two Stray Berbantu Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan prestasi belajar siswa antara model pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD), model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan model pembelajaran Konvensional. (2) prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional. (3) prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS ) lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional. (4) manakah yang lebih baik antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Jenis penilitian kuantitatif. Sampel penelitian dengan Cluter Random Sampling dari populasi siswa kelas X MA Sholahuddin Demak. Tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan anava satu arah dengan taraf signifikansi 5% dilanjutkan dengan uji t satu pihak. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) berbantu Macromedia Flash, model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu Macromedia Flash dan model pembelajaran konvensional. (2) Prestasi belajar siswa yang mendapat perlakuan model Student Team Achievement Devision (STAD) berbantu Macromedia Flash lebih baik dari prestasi belajar siswa yang mendapat model konvensional. (3) Prestasi belajar siswa yang mendapat perlakuan model Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu Macromedia Flash lebih baik dari prestasi belajar siswa yang mendapat model konvensional . (4) Prestasi belajar siswa yang mendapat perlakuan model Student Team Achievement Devision (STAD) berbantu Macromedia Flash tidak lebih baik dari prestasi belajar siswa yang mendapat perlakuan model Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu Macromedia Flash
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Budiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Penerbitan Dan Pencetakan Uns (Uns Press)
Daryanto. (2013). Medis Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fathurrohman, M. (2017). MODEL-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdani, M. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv Pustaka Setia
Hamzah, A,. Muhlisrarini. (2014). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Harmianto, dkk. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif Dn Efektif. Bandung: Alfabeta.
Hendriana, L.Q. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematik Siswa SMP Melalui Discovery Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran. Vol 2 No 3.
Herawati. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Di Kelas VI SD Negeri 53 Banda Aceh. Jurnal Peluang.
Huda, M. (2013). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Isjoni. (2014). Cooperatif Learning. Bandung : alfabeta.
Karimah, N.I. (2016). Model Two Stay Two Stray Melalui Pendekatan Multiple Intelligence JKPM, 1(2).
Lie, A. (2008). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning Diruang-Ruang Kelas. Jakarta: Pt Gasindo.
Muhtarom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).
Novitasari, E., Shodiqin, A., & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Pasha, K.F., Muhtarom., & Prasetyowati, D. (2018). Penerapan Problem Based Learning Berbantu Adobe Lash CS5 Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Rahardjo, M., & Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Rohmana, Q.A., Widodo, N., & Kapti, L. (2016). Mengembangkan Penerapan Model Pembelajaran Tsts (Two Stay Two Stray) Dipadu Picture & Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Jaringan Hewan Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10).
Salam, M., Junta, A. (2012). Perbedaan Hasil Beljar Matematika Ditinjau Dari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Dan Tipe STAD. Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Sari, A., Azmi, M.P. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164-171.
Siagian, R., Astra, I.M., & Budi, E. (2016). Perbaningan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) Dengan Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Dikelas VII SMPN 117 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika, Vol V.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. (2016). COOPERATIVE LEARNING. Bandung: Penerbit Nusa Media. Sudjana. (2005metode Statistika. Bandung: Pt Tarsito Bandung.
Sugiyanto (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuna Pustaka.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suharsono. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 9(3).
Sunilawati, N.M., Dantes. N., & Candiasa. I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADTerhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 3.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sutrisno., Prasetyowati, D., & Kartinah. (2018). Efektivitas Buku Ajar Matematika SMP Berbasis 3-D Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1).
Tabany, T. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstektual. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6909
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.