Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Dan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Berbantu Whiteboard Animation Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa

Yuni Nur Afifah, Nizaruddin Nizaruddin, Dhian Endahwuri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Team Assisted Individualization dan Student Team Achievement Divisions berbantuan Whiteboard Animation  berbasis android terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTs Diponegoro Japah tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anava, uji scheffe’, uji t Dua Pihak dan uji ketuntasan belajar individual maupun klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan Whiteboard Animation berbasis android, Student Team Achievement Divisions berbantuan Whiteboard Animation berbasis android dan model konvensional, (2) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan Whiteboard Animation berbasis android lebih baik daripada pembelajaran konvensional, (3) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions berbantuan Whiteboard Animation berbasis android lebih baik daripada pembelajaran konvensional (4) tidak ada perbedaan hasil belajar siswa matematika yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan Whiteboard Animation berbasis android dengan  Student Team Achievement Divisions berbantuan Whiteboard Animation berbasis android, (5) hasil belajar siswa matematika yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan Whiteboard Animation berbasis android dengan  Student Team Achievement Divisions berbantuan Whiteboard Animation berbasis android mencapai ketuntasan individual maupun klasikal. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan Whiteboard Animation berbasis android dengan  Student Team Achievement Divisions berbantuan Whiteboard Animation berbasis android lebih efektif terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Team Assisted Individualization; Student Team Achievement Divisions; Whiteboard Animation; Android.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Surakrta : UNS Press.

Dwijayanti, I. 2014. Efektivitas Kelas Humanistik dalam Pembelajaran Matematika terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Aksioma No 1 Vol 5 Maret 2014.

Eka Nella Kresma. 2014. Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Educatio Vitae, Vol. 1/Tahun1/2014.

Fathoni, Reza. 2011. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Smk Perindustrian Yogyakarta Tahun Pelajaran 2010 / 2011. http://eprints.uny.ac.id.

Hamalik,Omar, (2001), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Haryoko, S.2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audi-Visual Sebagai Alternatif Optimalitas Model Pembelajaran.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Kasiono. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Pengumpulan Dan Pengelolaan Data Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VI Sdn Curahnongko 01. Dalam jurnal PITALOCA Vol. 3 No. 2.

Pujiastuti,. Susiana & Esti Harini. (2017). Efektivitas Metode Drill Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5 No 2.

Siregar, Eveline. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative learning teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2005. METODA STATISTIKA. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Median Group.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.