Efektivitas Model Pembelajaran Vak dan Air Berbantu Media Pembelajaran Open Office Impress Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Abstract
Matematika menjadi salah satu pelajaran yang tidak disukai bagi kebanyakan siswa karena dianggap sulit. Sehingga berakibat pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang kurang memuaskan atau masih tergolong rendah. Alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa digunakan model pembelajaran VAK dan AIR berbantu media pembelajaran Open Office Impress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran VAK dan AIR berbantu Open office impress terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Islam Plus Asis Penawangan. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan tiga kelas secara acak yang digunakan sebagai sampel penelitian. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. Data penelitian ini diperoleh melalui post test. Berdasarkan hasil perhitungan uji anava, dan uji scheffe’. Data hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK berbantu media Open office impress, model pembelajaran AIR berbantuan media Open Office Impress dan model pembelajaran konvensional. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK berbantu media Open office impress lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan media Open Office Impress lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (4) Tidak ada perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran VAK berbantu media Open office impress dengan model pembelajaran AIR berbantuan media Open Office Impress.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiana, E., & Putra, F. G. (2018). Farida,‘Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Dengan Pendekatan Lesson Study Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis’. Desimal: Jurnal Matematika, 1.
Apipah, S. (2018, March). An analysis of mathematical connection ability based on student learning style on visualization auditory kinesthetic (VAK) learning model with self-assessment. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012138). IOP Publishing.
Anwar, S. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Open Office Impress pada Materi Sistem Pernapasan di kelas XI SMAN 8 Luwu Utara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Gesa Alfatoni, A. L. D. I. (2017). Penerapan model pembelajaran auditory, intelectually, repetition (air) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menggambar konstruksi pondasi sesuai kaidah gambar teknik. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/17).
Gilakjani, A. P. (2012). Visual, auditory, kinaesthetic learning styles and their impacts on English language teaching. Journal of studies in education, 2(1), 104-113.
Handayani, S., Umamah, N., & Aditiya, R. P. (2016). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran auditory, intellectually, repetition berbantuan media video. jurnal pendidikan dan humaniora,universitas jember.
Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffin, P. (2015). A framework for teachable collaborative problem solving skills. In Assessment and teaching of 21st century skills (pp. 37-56). Springer, Dordrecht.
Juliati, S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa MTsN Pekanbaru (Doctoral dissertation, universitas islam negeri sultan syarif kasim riau).
Mariya, D. Dkk, 2013 “Keefektifan Pembelajaran SAVI Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah”. Journal Of Mathematics Education, 2(2).
Rohman.Mujibur (2012): LAPORAN RESMI PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI DAN INFORMASI MODUL 3 “OPEN OFFICE ”.
Sugiono. (2015) metode penelitian dan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. bandung: alfabeta.
Syafwan, S. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Untuk Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Poso Pesisir. Jurnal Kreatif Online, 4(4).
Zuhro, N. S. (2011). Penggunaan Media Pembelajaran Open Office Impress untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Cahaya dan Alat Optik Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas V Semester II SDN Dadapsari No 129 Surakarta Tahun 2011.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.