Profil Penalaran Adaptif Siswa SMP dalam Menyelesikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Jenis Kelamin
Abstract
Penalaran merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam matematika. Salah satu jenis penalaran yaitu penalaran adaptif. Penalaran adaptif adalah proses berpikir logis yang menghubungkan kosep dengan situasi yang tidak hanya menarik kesimpulan, tetapi juga diberi alasan-alasan yang menunjang suatu kebenaran dari pendapat yang diberikan. Kemampuan tersebut dapat diketahui dengan memberikan suatu masalah kepada siswa. Salah satu jenis masalahnya yaitu masalah open-ended. Pada dasarnya kemampuan penalaran matematika anak itu berbeda-beda dalam menyelesaikan masalah matematika. Salah satunya dilihat dari jenis kelaminnya. Dari hal tersebut, maka peneti tertarik mengetahui gambaran kemampuan penalaran adaptif dari siswa laki-laki dan siswa perempuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data diambil menggunakan tes tertulis dan wawancara yang dibuat berdasarkan 5 indikator kemampuan penalaran adaptif yang dikemukakan oleh Widjayanti, yaitu menyusun dugaan, memberikan alasan terhadap kebenaran suatu pernyataan, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argumen, dan menemukan pola pada suatu gejala matematis. Gambaran kemampuan penalaran adaptif yang dimiliki siswa mengacu pada kelima indikator tersebut. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah siswa laki-laki ada yang memenuhi semua indikator dan ada juga yang hanya memenuhi indikator menemjkan pola pada suatu gejala matematis . Sedangkan siswa perempuan hanya memenuhi satu indikator penalaran adaptif, yaitu menemukan pola pada suatu gejala matematis. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran adptif siswa laki-laki lebihbaik dari siswa perempuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmi, U. (2013). Profil Kemampuan Penalaran Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP YPM 4 Bohar Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Departemen Pendidikan Nasional RI. Undang-undang RI no 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.
Dewi, I. K., Waluya, S. B., & Firmasari, S. (2020, April). Adaptive reasoning and procedural fluency in three-dimensional. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1511, No. 1, p. 012101). IOP Publishing.
Gunawan, Imam. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hidayati, F. (2017). Profil Penalaran Adaptif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Open Ended Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 6(1).
Iryanti, P. (2010). Potret pengajaran matematika SMP kelas 8 di Indonesia. Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 108-115.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics (Vol. 2101). National research council (Ed.). Washington, DC: National Academy Press.
Making, S. (2009). Focus in high school mathematics: Reasoning and sense making.
Maryam, S. (2016). Representasi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 5(1).
NASROTUL MUALIFAH, A. S. R. I. (2015). Profil Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 3(3).
National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principle and Standards for School Mathematics. NCTM.
Posamentier, A. S., & Krulik, S. (Eds.). (2009). Problem solving in mathematics, grades 3-6: powerful strategies to deepen understanding. Corwin Press.
Putri, A. K., & Wijayanti, P. (2019). Profil Penalaran Matematika Siswa SMP Dalam menyelesaikan soal TIMSS Ditinjau Dari Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 8(3), 543-549.
RAHMALITA MAHARANI, F. A. Z. A., & HARIS ROSYIDI, A. B. D. U. L. (2018). Profil Penalaran Adaptif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer. MATHEdunesa, 7(2), 363-370.
Ridwan, M. (2017). Profil kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193-206.
Rouza, E., & Nurjanah, K. (2019). Implementasi Sistem Informasi Profil Dose Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengaraian. Riau Journal Of Computer Science, 5(1), 14-22.
Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2008). Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga.
Sudarman. (2010). Proses Berpikir Siswa SMP Berdasarkan Adversity Questient (AQ) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Sudia, M. (2013). Profil Metakognisi Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif-Reflektif dalam Memecahkan Masalah Terbuka Materi Geometri Bangun Datar ditinjau dari Perbedaan Gender. Disertasi) tidak dipublikasikan, PPS-Unesa, Surabaya.
Sugiyono. (2014).Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, Dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suriasumantri, J. S. (1984). Filsafat ilmu: Sebuah pengantar populer. Sinar Harapan.
Susilowati, J. P. A. (2016). Profil penalaran siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132-148.
Syaiful, Wijayanto. (2015). "Profil Kondisi Fisik Siswa DIY 2015" .Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan, UNY
Takahashi, A. (2008). Communication as process for students to learn mathematical. Online) http://www. criced. tsukuba. ac. jp/math/apec/apec.
Wayne, W. (2014). Psychology: Themes and Variations, Briefer Edition, Content Technologies. Inc. All rights reserved.
Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan kecakapan matematis mahasiswa calon guru matematika melalui strategi perkuliahan kolaboratif berbasis masalah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6972
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.