Profil Kepercayaan Diri Calon Guru Matematika ditinjau Dari Kompetensi Pedagogik

Bina Riawan, Djoko Purnomo, Widya Kusumaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil kepercayaan diri calon guru matematika ditinjau dari kompetensi pedagogik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang tahun 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah enam mahasiswa semester 7 yaitu 2 mahasiswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, 2 mahasiswa dengan kepercayaan diri sedang, dan 2 mahasiswa dengan kepercayaan diri rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) profil kepercayaan diri subyek dengan tingkat kepercayaan diri tinggi belum mampu memenuhi semua indikator kompetensi pedagogik; (2) profil kepercayaan diri subyek dengan tingkat kepercayaan diri sedang telah mampu memenuhi indikator kompetensi pedagogik dan merinci secara cermat dalam menjawab; (3) profil kepercayaan diri subyek dengan tingkat kepercayaan diri rendah mampu memenuhi indikator kompetensi pedagogik dan cermat dalam menjawab. Adapun indikator yang diambil mulai dari Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, serta Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

Keywords


kepercayaan diri; calon guru; kompetensi pedagogik.

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Perilaku Dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.

Budi Murtiyasa. 2015. “Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global.” in Paper presented in Seminar Nasional HUT FKIP Matematika UMS ke-31. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Habibullah, Achmad. 2012. “Kompetensi Pedagogik Guru.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 10(September):3.

Iceu, Rohayati. 2011. “Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa.” Pendidikan Edisi Khus(2):154–63.

Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, and Alka Arora. 2012. Timss 2011 International Results in Mathematics. Vol. 2012.

Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Rahman, Muhammat dan Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Supriyono, Asmin. 2017. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 18(2):1–12. doi: 10.33830/jp.v18i2.269.2017.

Yates, Shirley M. 2002. “The Influence of Optimism and Pessimism on the Psycho-Physical Wellness of Learners in Grades.” Mathematics Education Research Journal 14(1):4–15.

Yulianti, Eni, Zulkardi Zulkardi, and Rusdy A. Siroj. 2013. “Pengembangan Alat Peraga Menggunakan Rangkaian Listrik Seri-Paralel Untuk Mengajarkan Logika Matematika Di Smk Negeri 2 Palembang.” Jurnal Pendidikan Matematika 4(1). doi: 10.22342/jpm.4.1.308.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.