Profil Berpikir Kreatif Sisiwa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan visual spasial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan tes kecerdasan visual spasial yaitu 2 siswa dengan kecerdasan visual spasial tingkat tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan visual spasial tingkat sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan visual spasial tingkat rendah kelas IX SMP N 1 Jaken Kota Pati yang dipilih berdasarkan hasil tes kecerdasan visual spasial dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes kecerdasan visual spasial, tes pemecahan masalah untuk memunculkan berpikir kreatif, dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan hasil informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil tes dan wawancara 1) siswa dengan kecerdasan visual spasial tinggi menunjukkan semua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu pada aspek kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), kebaruan (novelty) dan memenuhi semua aspek pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah dan memeriksa kembali jawaban. 2) Siswa dengan kecerdasan visual spasial sedang menunjukkan semua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu pada aspek kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), kebaruan (novelty) dan hanya mampu memahami tiga aspek pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan pemecahan masalah. 3) siswa dengan kecerdasan visual spasial rendah hanya menunjukkan hanya menunjukkan satu aspek berpikir kreatif yaitu kefasihan (fluency) dan hanya mampu memahami tiga aspek pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan pemecahan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrori, Mohhamad . 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung : cv wacana prima.
Gardner, Howard. 2013. Multiple Intellegences Memaksimalkan Potensi & Kecerdasan Individu dari Masa Kanak-Kanak Hingga Dewasa. (Jakarta : Daras Books, 2013), hlm.21-33
Hamiyah, N, dan Jauhari, N. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Hudojo, Herman (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Malang.
Hwang, Wu-Yuin, Chen, Nian-Shing, Dung, Jian-Jie, dan Yang, Yi-Lun. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. International Forum of Educational Technology & Society Journals. ISSN 1436-4522.
Isnaini, Y., & H.Pujiastuti. 2020 . EduMatSains. Pendidikan, Jurnal Sains, Matematika, 5(1), 51–64.
Kusumawati, N. 2013. Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 104–113.
Marliani,N. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
(MMP). Jurnal Formatif. ISSN: 2088-351X.
Miswanto. 2014. Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Kreativitas Berpikir Matematika Siswa Kelas VII di MTsN Karangrejo. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung : IAIN Tulungagung.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mubarik. 2013. Profil Pemecahan Masalah Masalah siswa Kelas X SLTA Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi tidak diterbitkan. Palu : Universitas Tadulako.
Murtafiah, W., Krisdiana, I., & Kumalasari, D. 2016. Karakteristik Pemahaman Siswa dalam Memecahkan Masalah Limas Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial. Seminar Nasional Matematik Dan Pendidikan Matematika UNY, 1(2), 549–556.
Ningsih. S, Budiarto, M.T. 2014. Kecerdasan Vsiual Spasial Siswa SMP dalam Mengkonstruksi Rumus Pythagoras dengan Pembelajaran Berbasis Origami Di Kelas VIII. Vol 3 no 1.
Polya, G. 1973. How To Solve It (2nd Ed). Princenton : University Press.
Rahmawati, N.A. & Siswono, T.Y.E. 2016. Profil Fleksibilitas Siswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel Ditinjau dari Prbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Mathedunesia, 2(3).
Risman, M. S. 2011. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011. Unpublished Skripsi. Lampung : FKIP Universitas Lampung.
Rizky Esti Utami, dkk. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Prezi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Di SMK Texmaco Pemalang. Universitas PGRI Semarang.
Salim, Affandi Amat. 2020 . Profil Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas IX Ditinjau dari Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Bangun Ruang. Tesis tidak diterbitkan. Palu : Universitas Tadulako.
Salim, Affandi Amat. 2020 . Profil Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas IX Ditinjau dari Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Bangun Ruang. Tesis tidak diterbitkan. Palu : Universitas Tadulako
Santrock,J.W. 2013. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Kencana.
Siswono, Tatag Y.E., Rosyidi, Whidia Novitasari. 2007. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pemecahan Masalah Tipe “What’s Another Way”. Proseding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Surabaya.
Sudarman. 2011. Proses Berpikir Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient dalam Menyelesaikan Masalah. Desertasi tidak diterbitkan : Program Doktoral Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Thobroni, M dan Mustofa, A. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktek Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Tri, Dina, Dafik, dan Susanto. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berkarakter Berdasarkan Whole Brain Teaching Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP. Pancaran vol 2 no 1 : hal 25-34. Jember : FKIP Universitas Jember.
Wahyudi, M. A., Widiyanti, W., & Nurhadi, D. 2018. Kecerdasan Visual Spasial Dan Kemandirian Belajar Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Di Smk. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 101–109.
Widodo, S. A. 2013. Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, Jilid 46(2), 106–113.
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.