Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Kategori Tinggi

Gita Dian Pratiwi, Supandi Supandi, Lukman Harun

Abstract


Berpikir kreatif merupakan kemampuan matematis tingkat tinggi yang meliputi aspek kelancaran, keluwesan, kebaruan, dan elaborasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kreatif siswa pada kemandirian belajar tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Islam Sudirman Banyubiru tahun ajaran 2020/2021, dengan subjek penelitian kelas VIII A yang terdiri dari enam orang. Untuk dapat mengetahui tingkat berpikir kreatif pada siswa maka dilakukkan dengan pemberian tes yang mencakup empat indikator berpikir kreatif yaitu fluency (kelancaran), flexibility (kelenturan), orisinility (keaslian), dan elaboration (keterincian). Terdapat dua tahap dalam penelitian ini yaitu: pemberian angket kemandirian belajar dan pemberian soal tes berpikir kreatif matematis. Dari hasil penelitian menggunakan triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil tes tertulis dengan tes wawancara menunjukkan bahwa: siswa dengan kemandirian belajar tinggi menempati kategori berpikir kreatif sangat kreatif dimana siswa mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif dengan baik.


Keywords


Berpikir Kreatif; Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (Jpmi), 1045-1054.

Al-Kreimeen, R. A. (2014). The Relationship Between Individual Creativity And Self-Regulation From Grade Nine Students Viewpoints In Jordan. Ipedr, 85-90.

Astuti, F. S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp. Journal On Education, 724-732.

Haji, S., & Abdullah, M. I. (2015). Membangun Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Infinity, 39-46.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills. Bandung: Pt. Refika Aditama.

Isnaniah. (2017). Peningkatan Kreativitas Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Perkuliahan Media Pembelajaran Matematika. Suska Journal Of Mathematics Education, 83-91.

Jalou, M. (2015). The Relationship Between Goal Orientation, Self-Regulation Learning Strategies And Creativity In High School Students Of Tehran City. Jurnal Ump Social And Technology Management, 276-283.

Krisnawati, E. (2012). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa.

Masitoh, L. F. (2015). Meningkatkan Dan Mengukur Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis. 53.

Maulana. (2011). Mathematical Creative Thinking, Which Is Necessary! ( Berfikir Kreatif Matematis , Itu Perlu!).

Maulana, M., & Djuanda, D. (2017). Pengaruh Strategi Murrderr, Minat Penjurusan, Dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kreatif Matematis Mahasiswa Pgs. Seminar Nasional Pendidikan Pgsd Ums & Hdpgsdi Wilayah Jaw, 253-281.

Nanang, A. (2016). Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Mimbar Sekolah Dasar, 171-182.

Park, H. (2004). The Effects Of Divergent Production Activities With Math Inquiry And Think Aloud Of Students Wuth Math Difficult.

Prastiti, T. D. (2018). Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Sman Di Surabaya. 83-94.

Saputra, H. (2018). Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, 521-526.

Syibli, M. A. (2018). Profil Kemandirian Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gantang, 47-53.

Thoken, F. (2014). Analisis Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas Sma Kemala Bhayangkari Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan 6 (12), 1-7.

Wahyuningsih, S. (2018). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding Snpmat 1, 232-239.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.