Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Self Concept

Muhammad Abdul Rohman, Rizky Esti Utami, Intan Indiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP ditinjau dari self concept. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VIII selanjutnya dipilih berdasarkan skala self concept yaitu 1 siswa self concept tinggi, 1 siswa self concept sedang, dan 1 siswa self concept rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan skala self concept, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis dengan hasil wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis dengan memperhatikan self concept yang dimiliki. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa subjek dengan self concept tinggi mampu memenuhi empat aspek kemampuan berpikir kreatif matematis dengan kategori yaitu sangat kreatif, subjek dengan self concept sedang mampu memenuhi tiga aspek kemampuan berpikir kreatif matematis dengan kategori yaitu kreatif, dan subjek dengan self concept rendah mampu memenuhi satu aspek kemampuan berpikir kreatif matematis dengan kategori yaitu kurang kreatif.


Keywords


Kemampuan berpikir kreatif matematis; Self concept

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Self Concept Siswa MTs pada Materi Himpunan. Journal On education, 252-259.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Leonard, & Supardi. (2010). Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, 341-352.

Maruf, A., Indiati, I., & Harun, L. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Visual. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 26-32. doi: 10.26877/imajiner.v2i1.5761

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006.

Pertiwi, C. M., Jayanti, R. A., & Afrilianto, M. (2018). Asosiasi antara Kemampuan Generalisasi Matematik dengan Self-Concept Siswa SMP yang Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis VBA Microsoft Excel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 371-382.

Rachmawati, D., Handayanto, A., & Utami, R. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbantu Website dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 258-265. doi: 10.26877/imajiner.v2i3.6121

Rahman, R. (2012). Hubungan antara self concept terhadap matematika dengan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 19-30.

Romlah, S., & Novtiar, C. (2018). HUBUNGAN ANTARA SELF-CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTSN 4 BANDUNG BARAT. Nusantara Of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 9-15. doi: 10.29407/nor.v5i1.12087

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 58-67.

Siswono, T. Y. (2010). Leveling Students’ Creative Thinking In Solving and Posing Mathematical Problem. IndoMS. J.M.E, 17-40.

Siswono, T. Y. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Academic Journals, 548-553.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukaesih, E., Indiati, I., & Purwosetiyono, F. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(4), 310-320. doi: 10.26877/imajiner.v2i4.5882

Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sukirwan, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 512-525. doi: 10.31004/cendekia.v4i2.244

Wulansari, M., Purnomo, D., & Utami, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditorial. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 393-402. doi: 10.26877/imajiner.v1i6.4869




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.