Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Masa Pandemik Covid-19

Munengsih Munengsih, Prahesti Tirta Safitri, Rika Sukmawati

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah salah satu kompetensi matematis yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa meskipun dalam keadaan pandemik covid-19, karena dengan menguasai kemampuan pemecahan masalah siswa mudah mengerjakan dalam segala bidang maupun kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Curug pada masa pandemik covid-19. Penelitian ini dilakukan sebanyak 36 siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Curug. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah tiga siswa. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini dilakukan secara random dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dengan dua soal pemecahan masalah materi bilangan pecahan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajia data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kategori tinggi  diperoleh sebanyak 14% atau 5 siswa, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kategori sedang diperoleh sebanyak 74% atau 27 siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kategori rendah diperoleh sebanyak 12% atau 4 siswa. Hasil pembahasan menunjukan siswa dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan pemecahan masalah dari tiap tahapan-tahapan pemecahan masalah dan memenuhi semua indikator dengan benar. Siswa pada kategori sedang hanya mampu menyelesaikan pada tahapan memahami masalah, melakukan perencanaan, dan menyelesaikan perencanaan, tetapi belum mampu memeriksa kembali. Pada kategori rendah siswa hanya mampu melakukan rencana dan menyelesaikannya meskipun kurang tepat.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah matematis; pandemik covid-19

Full Text:

PDF

References


Ahmad R, M. S. (2020). "Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemik Covid-19". KTI, 1-10.

Aji, R. H. (2020). "Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran". Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, vol. 7, 395-402. doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Fadilah, N. (2018). "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas X MAN Lima Puluh".

Helda M, N. K. (2019, june). "Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa". MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7 No 1, 155-166. doi:https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12

Hermaini, J. (2020). "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Minat Belajar".

Marojahan P, S. R. (2017). "Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas X SMA". Jurnal Inspiratif vol. 3 no. 2 p-ISSN: 2442-8876, e-ISSN: 2528-0475, 1-16.

Negara, B. W. (2019). "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Polya Dalam Aspek Merencanakan".

Nurul I, W. P. (2018). "Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP". Journal On Education, Vol 1, No 1, E-ISSN: 2654-5497, 47-57.

Nuryana, A. N. (2020, Mei 23). Dampak Pandemik Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. e- paper kabar priangan. Tasikmalaya. Retrieved Mei 23, 2020

Putri, R. N. (2020, Juli). "Indonesia Dalam Menghadapi Pandemik Covid-19". Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, vol 2, ISSN 1411-8939, 705-709. doi:10.33087/jiubj.v20i2.1010

Sugiyono. (2017). "Metode Penelitian Kuantiitatif, Kualitatif, dan R&D". Bandung: Alfabeta.

Yudhanegara, K. E. (2015). "Penelitian Pendidikan Matematika". Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.