Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berbantu Question Card

Nida Naufi Indriyani, Dina Prasetyowati, Supandi Supandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa berbantu Question Card. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling diperoleh tiga kelas yaitu VIIC sebagai kelas eksperimen I, VIIB sebagai kelas eksperimen II dan VIIA sebagai kelas kontrol. Teknik mengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantu Question Card,  Think Pair Share (TPS) berbantu Question Card dan kelas konvensional; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantu Question Card  lebih baik dari kelas yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; (3) kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu Question Card  lebih baik dari kelas yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; (4) kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantu Question Card lebih baik dari pada model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu Question Card; (5) kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) berbantu Question Card mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal; (6) terdapat pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) berbantu Question Card terhadap nilai kemampuan berpikir kreatif siswa.


Keywords


Think Talk Write (TTW); Think Pair Share (TPS); Question Card dan Kemampuan Berpikir Kreatif.

Full Text:

PDF

References


Afifah, I. N., Sudargo, S., & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5),

-163.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Lampiran Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Kompetensi lulusan SMP/MTS. Jakarta: Depdiknas.

Jumiyatun, T., Sunandar, S., & Endahwuri, D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Teams Games Tournament Berbantuan Question Card terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 177-184.

Nurhidayati, L. A., Susanto, S., & Dafik, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Strategi PQ4R Dengan Teknik Mind Mapping Pada Sub Pokok Bahasan Himpunan Kelas VII. Kadikma Vol 5(1).

Prasetyowati, D. (2013). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Cd Interaktif Materi Segi Empat

Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2/September).

Prasetyowati, D. (2015). Efektivitas Mobile Learning pada Mata Kuliah Geometri dengan Pendekatan Matematik Realistik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1/Maret).

Pujilestari, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Problem Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif.Factor M, 1(1).

Purba, D. L., & Andhany, E. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (Tps) dan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran Matematika Di Mts Swasta Umar Bin Khattab. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).

Setyaningrum, D. H., Purnomo, D., & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Learning dan Think Pair Share Berbantu Smart Sticker terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 348- 356.

Suningsih, A., Kusmayadi, T. A., & Riyadi, R. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ttw Dan Tps Pada Persamaan Garis Lurus Ditinjau Dari

Karakteristik Cara Berpikir Siswa SMP Negeri Se-kabupaten Pringsewu. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(4).

Wahidiyah, N. A., Nizaruddin, N., & Aini, A. N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 339-347.

Wahyu, H. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembeajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Prosiding Seminar Nasional Penelitian.

Yazid, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think-Talk-Write) pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Primary Education, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.