Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Think Pair Share Berbantu Media Wolfram Mathematica Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Di SMA

Eka Indriyanti Aviandari, Ali Shodiqin, Djoko Purnomo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian posttest only control design. Bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran TSTS berbantu media Wolfram Mathematica, model pembelajaran TPS berbantu media Wolfram Mathematica dan model pembelajaran konvensional Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMA.Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Comal. Sampel penelitian ini kelas XI MIPA 2, kelas XI MIPA 3, kelas XI MIPA 1 dengan menggunakan cluster random sampling. Data yang digunakan untuk penelitian adalah soal uraian. Analisis data menggunakan uji anava satu arah, uji scheffe’, uji ketuntasan belajar, dan uji korelasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara ketiga model pembelajaran, (2) Pembelajaran TSTS berbantu Wolfram Mathematica lebih baik dari pembelajaran Konvensional, (3) Pembelajaran TPS berbantu Wolfram Mathematica lebih baik dari pembelajaran Konvensional, (4) Pembelajaran TSTS sama baiknya dengan pembelajaran TPS, (5) Pembelajaran TSTS dan TPS mencapai ketuntasan belajar, (6) Terdapat korelasi antara keaktifan siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas TSTS sebesar 65,37% dan kelas TPS sebesar 60,95%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada perbedaan dari ketiga model pembelajaran, model TSTS dan model lebih baik dari pembelajaran konvensional, sedangkan model TSTS sama baiknya dengan model TPS, dapat mencapai ketuntasan belajar, dan terdapat korelasi antara keaktifan siswa dengan kemampuan komunikasi matematis.

Keywords


TSTS; TPS; Wolfram Mathematica; Kemampuan Komunikasi Matematis.

Full Text:

PDF

References


Budiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Fitriah, U. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Skripsi, Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Haris, S. A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Saintifik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay two Stray (TS-TS) dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi tidak dipublikasikan, UIN Alauddin Makassar.

Hariyanti, S. (2016). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TSTS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI ATOM, ION, DAN MOLEKUL PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 40 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. 8.

Hasanah, N., Caswita, & Bharata, d. H. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. 11

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Husna, M. I., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thin-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 91.

Palino, N. S., & ikman, &. (2015). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 1 Hal 91-106.

Qodriyah, L. N. (2013). Keefektivan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Keaktifan Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SDN Pamotan 04 Rembang. . Skripsi tidak dipublikasikan IKIP PGRI Semarang.

Rachmayani, D. W. I. (2014). 2. Artikel Jurnal (Dwi Rahmayani_Matematika). 2(November), 13–23.

Rahmawati, N. D., Nugroho, A. A., & Harun, &. L. (2016). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Bahan Ajar Wolfram Mathematica Pada Materi Aljabar Linear. Jurnal Euclid, Vol. 6, No. 1, pp. 44. 6(1), 44-52.

Rahmawati, N. K., & Hanipah, I. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 99. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.185

Rizqi, N. Y. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Think Pair Share (TPS) Berbantu Wolfram Mathematica Terhadap Kemampuan representasi Matematis Siswa. Skripsi, Semarang : Universitas PGRI Semarang.

Rohman, Q. A., Nur, W., & Listijo, &. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Dipadu Picture & Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Jaringan Hewan Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2074.

Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.42

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 86–92.

Silalahi, A., & Rugianto. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatiftipe TS-TS (Two Stay – Two Stray) Ditinjau Dari Keaktifan Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Depok Sleman Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 31–42.

Shodiqin, A., & Zuhri, M. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sma Berbentuk Tabloid Berbantuan Software Wolfram Mathematica Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Integral. JIPMat, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1235.

Shodiqin, Ali., & Zuhri, M. S. (2018). Berpikir impulsif dalam komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama. 7(2), 68–73.

Silvianti, R., & Bharata, H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP), (3), 722–729.

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

U’la, I. D., Murtono, M., & Ulya, H. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Think-Pair-Share (Tps) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2253.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.