Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah kejuruan ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa dari kelas XI TKJ yaitu siswa dengan tipe kepribadian extrovert dan siswa dengan tipe kepribadian introvert. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket tipe kepribadian, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis dengan hasil wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yang memperhatikan tipe kepribadian yang dimiliki. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa profil kemampuan komunikasi matematis siswa SMK bertipe kepribadian extrovert hanya mampu mencapai 2 indikator yaitu kemampuan menghubungkan benda nyata ke dalam ide-ide matematika dan kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dengan simbol-simbol matematika dalam menyajikan ide-ide matematika secara tertulis dan profil kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah kejuruan bertipe kepribadian introvert mampu mencapai semua indikator dari mampu menguhubungan benda nyata ke dalam ide-ide matematika sampai mampu mengkomunikasikan kesimpulan jawaban permasalahan sehari-hari dengan pertanyaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainul., & dkk. 2016. "Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember". Jurnal Edukasi UNEJ, III (2): 9-12.
Aziz, A., & dkk. 2014. "Proses Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer-Briggs Siswa Kelas VIII MTsN Sulaga Lombok Timur Tahun Pelajaran 2013/1014". Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 1079-1093.
Handini, I & D. Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep & Implementasi). Yogyakarta: Familia.
International Baccalaureate. (2012). MYP Mathematics Guide. United Kingdom: International Baccalaureate.
Jaenudin, U. 2015. Dinamika Kepribadian (Psikodinamika). Bandung: Pustaka Setia.
Lestari, Sri Wiji. 2016. "Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunanan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Dan Introvert Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon". Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. VA: The National Council of Teacher of Mathematics .
Rachmayani, D. (2014). "Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa". Jurnal Pendidikan Uniska.
Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika. Bandung : Tarsito.
Siniguian, M.T. 2017. Student Difficulty In Solving Mathematical Problems. International Journal Of Advanced Research In Engineering And Applied Sciences. Vol. 6 No. 2.
Ulya, Nur Maziyah. 2016. Pengaruh Metode Pembelajran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen pada MAN 1 Semarang). Nadwah Vol. 10 No. 1..
Widayanti, Lilis. 2016. "Deskripsi Level Kemampuan Siswa SMP Dengan Tipe Kepribadian Cenderung Introvert Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika". Jurnal Edukasi Vol 2 No. 1 ISSN 2443-0455.
Wijaya, A. P., & dkk. 2013. "Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Kooperatif Tipe TTW"
DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.